Tips Memilih Jodoh ala MTGW (Mario Teguh The Golden Ways)

Minggu pagi (07/08/2011) nan cerah, Ciput–temanku yang baik hati—menawarkan tiket syuting Mario Teguh The Golden Ways (MTGW) di studio Metro TV. Ia kebagian 5 jatah tiket. Awalnya ia ingin berangkat dengan keluarganya. Karena satu dan lain hal, jadilah harus berangkat sendiri. Temanku itu tanya-tanya rute angkutan umum menuju Metro TV. Aku jelaskan padanya beberapa alternatif. Namun, karena waktunya mepet, akhirnya ia memutuskan tak jadi ikut. E-ticket akhirnya dikirim ke emailku dan aku berangkat ke Metro TV bersama seorang teman blogger.

Because I Love You ! (tabloidindonesia.net)

Acara dimulai sekitar jam 11.30. Menurut undangan tertera peserta harus hadir pukul 10.30. Ada dua syuting hari itu. Pertama syuting Because I Love You (11.30-13.30) dan kedua, syuting Untung Dibalik Sial (13.30-15.00). Pada kenyataannya, jadwalnya tak terlalu ketat, sedikit fleksibel. Di antara dua syuting, penonton studio bisa sholat Zuhur terlebih dahulu.

Ketika pertama kali datang, kita akan diberikan polling untuk syuting pertama. Biasanya di salah satu segmen di Mario Teguh The Golden Ways (MTGW) ada pertanyaan polling. Tinggal isi pollingnya, lalu serahkan ke meja panitia. Aku sempat khawatir, tidak membawa hard copy undangan e-ticket. Tapi, karena percaya diri menggunakan hp Android Samsung, ya sudahlah, nekat aja menunjukkan nomor tiket dari hp. Petugasnya menerima saja tuh. Minimal, jadi ndak boros kertas (go green lah ya). Peserta lain rata-rata membawa serta kertas print-an e-ticket.

Kami menunggu sekitar 40-an menit. Seragam yang digunakan di syuting pertama adalah batik, baik untuk pria maupun wanita. Untuk syuting kedua, pakaian formal seperti kemeja berdasi, jas, dan sejenisnya. Ramai sekali orang, calon penonton studio. Sekitar 100-an orang.

Hal aneh terlihat saat akan masuk ke ruang studio rekaman. Begitu peserta dipersilahkan menuju studio syuting, semua berebut seperti antri sembako gratis. Desak-desakan. Dorong-dorongan. Padahal, menurutku, semua akan kebagian tempat duduk juga nantinya. Aku dan temanku duduk saja di tempat duduk ruang tunggu. Kami mentertawakan orang berdesakan. Setelah tak ada antrian, barulah kami masuk studio. Ketika akan masuk, semua tas harus dititip di depan ruang studio. Ada nomor yang dibagikan oleh panitia agar barang penonton tak tertukar. Ada petugas yang jaga barang. Jumlahnya sekitar 10 orang.

Begitu masuk melalui pintu utama studio, semua penonton diingatkan seorang penjaga untuk mematikan hp, dan diperingatkan tidak boleh mengambil gambar selama proses syuting berlangsung. Aku tak mematikan hp langsung. Aku hold dulu karena penasaran untuk dokumentasi. Siapa tahu topiknya bisa ditulis di blog, dan ada bukti kehadiran di studio MTGW. Jadi tidak dianggap HOAX. Kembali panitia mengingatkan untuk mematikan hp setelah masuk ruangan. Hal ini penting karena jika berbunyi saat syuting, selain mengganggu, juga menghilangkan konsentrasi Mario Teguh ketika menjawab pertanyaan pemirsa. Benar saja, saat di tengah syuting hari itu, ada yang hpnya berbunyi. Jadilah Mario Teguh mengulang lagi perkataannya lagi, sambil mencari tahu, “Sampai mana tadi?”

Nah, keanehan lain mulai terjadi. Tadi di awal, penonton berebut masuk studio. Namun, saat panitia mengatur tempat duduk, menawarkan kepada siapa saja yang mau duduk di barisan depan yang biasanya terkena sorot tajam kamera, eh malah pada ndak mau. Malu-malu kucing. Lalu, ngapain rebutan tadi masuk studionya? Aneh betul manusia.

Mario Teguh Dari Dekat

Tak berapa lama beres-beres soal tempat duduk, akhirnya Mario Teguh datang juga ke studio. Rambutnya sudah lebih botak dan mengkilap sekarang. Hehehe. Aura trainernya “keluar”. Mulai dari cara jalan, senyum, menyapa penonton yang jadi big fansnya.

Mario Teguh in Action

Ia datang bersama istrinya tercinta, seseorang bernama Ibu Linna. Mario Teguh dan istrinya tampil mesra di depan penonton studio. Mereka bergandengan seperti truk. Ibu Lina yang saya lihat betul-betul terawat. Terlihat fresh dan masih muda, meski kerutan di wajahnya tak bisa berbohong, menunjukkan bahwa ia tak muda lagi.

One thing for sure, Mario adalah tipe orang yang begitu bangga dengan istrinya. Ia sering membesarkan hati istrinya di depan penonton. Pujiannya terlihat datang dari hati, meski tak jarang ia juga meledek istrinya yang biasanya disebutnya “berkuasa penuh atas Mario Teguh”. Mungkin itulah cara ia memuliakan istrinya. Apa lagi yang lebih indah selain dibanggakan suami tercinta di depan orang banyak? (www.soktahu.com hehehe)

Iseng-iseng, aku cari profil Mario Teguh di internet. Akhirnya ketemu beberapa alternatif. Berikut ini penjelasan selayang pandang tentang dirinya dari http://biografi.rumus.web.id

Mario Teguh adalah seorang muslim yang menjadi motivator dan konsultan bisnis dan kepribadian asal Indonesia. Nama aslinya adalah Sis Maryono Teguh, namun saat tampil di depan publik, ia menggunakan nama Mario Teguh. Ia meraih gelar Sarjana Pendidikan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang. Mario Teguh sempat bekerja di Citibank, kemudian mendirikan Bussiness Effectiveness Consultant, Exnal Corp. menjabat sebagai CEO (Chief Executive Officer) dan Senior Consultan. Beliau juga membentuk komunnitas Mario Teguh Super Club (MTSC). Pak Mario lahir di Makassar, 5 Maret 1956.

Tahun 2010 kembali meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai Motivator dengan Facebook Fans terbesar di dunia. Di awal tahun 2010, Beliau terpilih sebagai satu dari 8 Tokoh Perubahan 2009 versi Republika surat kabar yang terbit di Jakarta.

Sebelumnya Beliau membawakan acara bertajuk Business Art di O’Channel. Kemudian namanya semakin dikenal luas oleh masyarakat ketika ia membawakan acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV. Pada saat ini Mario Teguh dikenal sebagai salah satu motivator termahal di Indonesia.

Di tahun 2003 mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai penyelenggara seminar berhadiah mobil pertama di Indonesia.

Ciuman Keberuntungan Mario

Sekitar 30 menit awal syuting di studio, pertanyaan peserta disaring terlebih dahulu. Mana pertanyaan yang berbobot yang akan ditayangkan di tv. Caranya? Semua peserta bebas mengangkat tangan dan bertanya. Nanti dinilai, dan ditentukan mana pertanyaan yang layak ditayangkan. Syarat pertanyaan yang layak ditayangkan adalah pertanyaan yang sulit dijawab, kualitasnya ok, dan levelnya sudah “how”, bukan lagi “what”. Itu syarat yang harus Anda penuhi. Nah, jika Anda berkesempatan syuting MTGW, silahkan pakai rumus ini agar pertanyaan Anda bisa masuk tv. :)

Ada kejadian unik tepat tiap sebelum syuting tapping-nya berlangsung. Biasanya Mario Teguh akan datang menuju barisan pertama penonton, dimana istrinya duduk. Ia berjalan perlahan, dan semua mata tertuju padanya. Lalu ia menggenggam tangan istrinya, Ibu Linna, dan langsung mendaratkan ciuman ringan di tangan ibu Linna sambil memegang kedua tangannya dan minta didoakan. “Wish me luck ya” pintanya pada istri. “Good luck dear,” kira-kira begitu jawab ibu Linna. Aku hanya mendengar samar-samar karena duduk agak jauh. Namun kosakata bertabur cinta kasih dan bergentayangan diantara dua insan itu. Jelas terekam kontak kedua pasang bola mata mereka menatap tajam, penuh cinta, penuh dukungan. Terakhir, kedua telapak tangan Ibu Linna memegang pipi Mario Teguh. Mesra! Seperti sedang “dijampi-jampi” agar lancar jaya. Ibu Linna adalah istri yang ingin suaminya tampil hebat, kapanpun, dimanapun. Isn’t it so sweet?

Cerita belum usai. Mario Teguh lalu mendaratkan ciuman kedua ke kening istrinya. Penuh cinta. Aku yang masih single, sampai merinding melihatnya. Merinding karena melihat moment itu seperti “ritual suci” yang mengharukan. Seperti seorang istri bersiap segenap jiwa-raga mengantarkan suaminya pergi berperang. Dan sang suami menunjukkan ciuman sayang terbaiknya. “Maknyusssssss” nancep betul di dalam benakku perihal kejadian itu. Aku yakin, di sanalah letak salah satu kekuatan Mario Teguh. Ia tampil begitu all-out di panggung. Ternyata resep salah satunya adalah mendapat dukungan penuh cinta dari istrinya. Ketika istri turut berdoa pada Allah, pintu rezeki terbuka lebar juga. Semua kegiatan berjalan lebih lancar, tanpa halangan. Hati tenang dan tentu juga senang.

Memang, ada yang akan menganggap pengungkapan cinta dan dukungan seperti di atas tergolong “exhibitionist” (baca: pamer). Kalau kata temanku, Yeyen Sundari, dalam istilah psikologi bisa disebut public display of affection. Keren ya istilahnya? Namun, jika dilakukan dengan istri sendiri, menurutku tak masalah. Kecuali kalau dilakukan dengan istri orang lain. Barulah masalah besar. Hahahaha.

Kalau boleh berangan-angan, ketika beristri nanti, aku juga akan pakai konsep Mario Teguh tentang bagaimana memperlakukan istri di depan publik. Berterima kasih, memuji, menunjukkan cinta yang kita punya, adalah hadiah terindah buat seorang istri (I guess so…). Siapapun wanita itu, aku pastikan ia akan merasa tersanjung dengan muka memerah, dan merasa beruntung memiliki Adlil Umarat sebagai suami seutuhnya. Hehehehe. :)

Suasana syuting (www.fikrirasyid.com)

Let’s talk about the language of love, bahasa cinta. Ngomong-ngomong tentang bagaimana bentuk bahasa cinta, aku sempat membaca artikel di http://id.berita.yahoo.com bahwa ada 5 jenisnya, yaitu Receiving Gifts (hadiah), Quality Time (cerita didengar), Words of Affirmation Actions (pujian), Acts of Service (pelayanan), Affection (tindakan yang membuat nyaman). Ciuman keberuntungan Mario Teguh ke istrinya tadi berarti masuk ke tipe Affection (ciuman, pelukan). Adapun pujian yang diluncurkan setelahnya berarti masuk ke words of affirmation actions. Nah, yang manakah hal dominan pada diri Anda? Kalau mau digabungkan kelimanya, juga tidak masalah.

Mari bahas satu-satu sesuai dengan interpretasi penulis (subjektif). Receiving gifts atau menerima hadiah bukan berarti orangnya bersifat matre lho. Bahasa cinta orang seperti ini biasanya melihat usaha di balik pemberian hadiah, usaha untuk memahami apa yang disukai pasangannya. Ketika semua usaha itu sudah terlihat, jangan heran, balasan cinta yang diberikan, bisa melebihi pengorbanan yang diusahakan oleh pasangannya. Jadi, hadiah itu hanya simbol saja. Ada perjuangan, usaha, dan doa di baliknya.

Bahasa cinta Quality Time mementingkan kualitas kebersamaan dengan pasangan. Biasanya, jika pasangannya cuek, tidak mendengarkan saat diajak ngobrol, atau sibuk chatting dan tidak fokus ketika dimintai pendapat, maka dia merasa tak dicintai.

Bahasa cinta Words of Affirmation Actions biasanya haus dengan kata-kata manis. Tak melulu pujian. Tapi bisa juga menebarkan kalimat-kalimat kasih sayang yang bisa membuat hati berbunga-bunga. Misalnya kata “I love you”, “Aku mengkhawatirkan keselamatanmu”, bisa membuat pasangan terbang menuju langit ketujuh. Mereka merasa diperhatikan secara total. Umumnya orang bertipe bahasa cinta seperti ini, jika dikritik pasangan, akan mudah merasa tersakiti.

Bahasa cinta selanjutnya adalah Acts of Service. Bahasa cinta ini mementingkan aksi sebagai senjata utama. Tak perlu banyak cakap, cukup menunjukkan pelayanan prima pada pasangan. Hal kecil, misalnya pria yang membukakan pintu dan mempersilahkan perempuan masuk duluan (lady’s first), akan dihargai sebagai gentleman. Membantu meringankan beban pasangan, apapun itu bentuknya, adalah kata kunci dari bentuk bahasa cinta ini.

Bahasa cinta Affection bisa terimplementasi ketika jarak sosial seseorang dengan pasangannya berada pada jarak keintiman. Jarak sosial yang intim, membuat rasa nyaman, terlindungi, dan tenang, selalu hadir dalam diri. Wujudnya bisa berupa pelukan, pegangan tangan, membelai rambut, dan lain-lain.

Sepayung Berdua, Indahnya Dunia (www.google.co.id)

Tips Memilih Jodoh ala MTGW

Kembali ke pengalaman nonton MTGW di studio. Di tengah-tengah break, Mario Teguh biasanya berkeliling ke penonton. Ia menyapa penonton yang datang dari berbagai daerah. Bagi yang datang dari daerah paling jauh, biasanya diberi tepuk tangan paling kencang oleh penonton.

Mario Teguh cerita tentang tips memilih jodoh/pasangan hidup. “Wah menarik nih,” pikirku dalam hati. Ini penting sekali. Jadi teringat, obrolan ringan dengan temanku tentang pernikahan. Umumnya, tiap orang yang menikah, sebelumnya akan kepentok pada pernyataan seperti ini dalam hatinya, “Nah, ini dia orangnya, dan aku ingin menghabiskan hidupku bersamanya.” Kalimat penting lainnya yang dihadapi orang yang sedang berada pada fase kritis ingin dan akan menikah biasanya mengajukan pertanyaan seperti ini, “Mau dibawa kemana, hubungan kita?” (Lagu Armada mode).

Tak mudah mencari jodoh. Bahkan, aku pun juga kesulitan menemukannya. Meski beberapa kali menjalin hubungan dengan orang spesial, namun belum bermuara pada pernikahan. Memang belum ketemu jodoh. Meski jodoh sudah ditentukan, namun, ia tetap harus dijemput. Jangan menunggu, apalagi pasif tanpa usaha.

Ini tips penting tentang memilih jodoh dari Mario Teguh. Perhatikan! Carilah pasangan yang ketika bersamanya, kita mampu melakukan keempat hal berikut: saling memuliakan, saling meninggikan, saling membesarkan, saling menguatkan. Jika pasangan Anda tidak membawa ke arah sana, maka segera abaikan (tinggalkan). Ia bukan pasangan yang terbaik buat Anda.

Jodoh Di Tangan Tuhan, Tapi Manusia Harus Menjemputnya..(www.google.co.id)

What the maxsud? Gini lho, jika kita memilih seseorang sebagai pasangan hidup, dan ketika interaksi dengan dirinya, kita merasa menjadi lebih hebat, merasa terberdayakan semua potensi dan skill terpendam, dan pasangan kita juga merasakan hal yang sama. Nah, jika bertemu orang seperti ini, jangan lama-lama memutuskan. Dia adalah jodoh Anda. Kejar! Kejar! Ikat! Jangan lepaskan! Segera menghadap orangtuanya! Hahahahahaha. (Provokator mode). Aku pun sedang belajar menerapkan konsep ini dalam urusan cinta.

Kalau melongok ke hadist, pernyataan Mario Teguh bisa jadi dikuatkan dan dilengkapi. “Perempuan itu dikawini atas empat perkara, yaitu: karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, atau karena agamanya. Akan tetapi, pilihlah berdasarkan agamanya agar dirimu selamat.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Mario Teguh juga cerita, ketika kita putus cinta, diputuskan, ditinggal pacar, jangan berlarut-larut sedih. Segera tarik cinta yang ditolak tadi, lalu tawarkan ke orang lain yang lebih tepat, yang mau menerimanya. Sesederhana itu kok urusan cinta. Mungkin banyak yang bilang, tak semudah itu. Tapi nyatanya se-simple itu. Memang, kadang rasa sakit setelah putus dari orang yang pernah kita sayang, terasa begitu menyayat hati. But, life must go on….Bukankah begitu, kawan?

Waktu syuting kedua dengan judul Untung Dibalik Sial, aku agak merasa bosan. Ilmunya kurang aplikatif, cenderung normatif. Tak heran, ada ibu-ibu yang duduk di barisan paling depan, dekat kamera, tapi terkantuk-kantuk dengan teramat sangat. Aku melihatnya lucu sekali. Sampai suatu ketika ada kru yang mendatangi ibu itu dan memintanya bertukar tempat dengan penonton lain yang berseragam hampir mirip. Pelajaran menariknya adalah, jangan lama-lama nonton motivator bicara. Cukup sekali-sekali saja, namun pilih topik yang mengena dengan hati kita. Kalau sering-sering, bisa bosan. Contohnya seperti ibu tadi. Parahnya, aku juga mengalami kantuk di sesi ini. Kurang menarik. Mungkin lebih baik perbanyak doing action, dengan sesekali mengambil inspirasi dari obrolan para motivator.

Kedua epsiode MTGW itu akan tayang pasca lebaran. Nantikan ya kawan-kawan. Siapa tahu ada gambar wajahku masuk kamera. Norak ya? Hehehehe. Semoga tulisannya bermanfaat. Sampai jumpa di petualangan ringan berikutnya.

SALAM CARI JODOH

ADLIL UMARAT

“Biasakanlah Yang Benar, Jangan Membenarkan Kebiasaan”

Follow me: @pukul5pagi
Beri komentar di tulisan terbaru blog: www.umarat.wordpress.com, berpeluang dpt hadiah (diundi)
Klik tulisan dgn isu menarik lainnya:
(Seputar Jodoh)
 (Seputar Passion)
(Religi)
(Petualangan Sosial)

102 responses to this post.

  1. Posted by rima on August 17, 2011 at 7:29 AM

    nontön ah.. siapa tw wajah abangku terganteng didunia tersorot sm kameramen…

    Oy jgn lp y dikejar jodohny. Semoga abg segera mendapatkan jodoh yg sholehah dan terbaik ya..

    Reply

  2. Posted by Haliem on August 17, 2011 at 7:42 AM

    affection, affirmation, sosiologi keluarga..jd inget pak gatot.
    nice ka, boleh lah tips tips nya aku kantongin..hhaha
    memang yang aplikatif lebih asik daripada normatif, normatif seolah-olah itu hanya angan, prakteknya susah..
    tulisan yg ini masih tetep keren, walaupun di dalamnya ada unsur promosi diri ka aad. heheh, lg usaha untuk cari jodoh ya ka.. :p justkidd
    oke ka, di tunggu tulisan episod selanjutnya

    Reply

  3. Posted by Ana Aulia on August 17, 2011 at 7:51 AM

    Fallin’ in love itu perasaan & logika harus balance. jd ga cuma ngikutin nafsu “pengen dy”.. Yaa klo kekeuh maunya dy, minta bantuanlah sm yg py makhluk. “Allah psti ksi yg kita butuhkan” is it right??
    Selamat mencari jodoh ;D

    Reply

  4. jadi.. tunggu apalagi Ad?? Kejar! Kejar! Ikat! Jangan lepaskan! Segera menghadap orangtuanya!.segera tentukan taggalnya..!! segera buat undangannya..! ;p hmmm… kira kira pengalaman malam pertama bakal ada di blog gak ya?!?!?! hehe.. piss Ad..

    Reply

    • Syura Aritya provokator! ndak apa-apalah ya. Demi kebaikan. Kalau malam pertama ditulis ga ya? Hehehe. Masih belum kepikiran…Inspirasi datang tiba-tiba, tanpa direncanakan. :) Thanks Syura dah mampir.

      Reply

  5. “Untung di Balik Sial” Ilmunya kurang aplikatif, cenderung normatif.
    kalo syuting yang pertama? aplikatif banget ya kayanya? sok atuh segera diaplikasikan.. hehehe.

    cuma mau mengaminkan harapan dan doa kak aad, hehe
    semoga segera dipertemukan ya. aamiin

    Reply

  6. Posted by Kasyful Fuadi on August 17, 2011 at 10:32 AM

    hahaha mantap tips nya itu … yuk mari menjemput :p

    Reply

  7. “Nah, jika bertemu orang seperti ini, jangan lama-lama memutuskan. Dia adalah jodoh Anda. Kejar! Kejar! Ikat! Jangan lepaskan! Segera menghadap orangtuanya! Hahahahahaha. ” Tuh ad.. :D

    Reply

  8. Posted by ale on August 17, 2011 at 10:59 AM

    Ada yang bilang kalo tugas seorang cewe itu bukan menemukan pria hebat, tapi ditemukan pria hebat. Jadi kalo udah nemu langsung dikejar ya ka. hehehe

    Reply

  9. Posted by oppie on August 17, 2011 at 11:26 AM

    hehe, aad akhirnya ditayangin juga tulisannya:> see..bermanfaat lagi kan tulisannya?!!
    opi juga pernah ad ke mario teguh, ditayanginnya pas hari kartini setahun yg lalu..tentang “wanitaku pemuliaku”, bener kata aad..beliau emang sangat menghargai dan memuliakan istrinya..sering disanjung2 pas ngasih motivasi:>

    wktu itu ngebahas juga maslah jodoh dan gmn caranya memperlakukan istri agar sang istri memuliakan suaminya:>kata mario teguh caranya adalah dengan memuliakan semua wanita (ibu dan istri), terus ada yg nanya juga gmn cara mendapatkan jodoh yg terbaik..kata mario teguh..tingkatkan kualitas dan potensi diri untuk menjadi orang yang baik, maka secara ga langsung semua wanita yang baik pun akan siap untuk ditunjuk sebagai jodohnya:>
    di Al qur’an pun udah jelas siapa yang akan menjadi jodoh kita:

    ”Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rizki yang mulia (surga).” ( An-nuur ayat 26)

    so..semoga aad mendapatkan “wanita pemulianya aad”, seseorang yg selalu memuliakan aad:>amiin

    Reply

  10. Posted by yulinal muna on August 17, 2011 at 12:49 PM

    wah udah mantab tuh teorinya…moga segera bisa dipraktekkan yah…good luck tuk aad.

    Reply

  11. Posted by mega on August 17, 2011 at 2:27 PM

    semangat ya mas ad..

    Reply

  12. Posted by anovis on August 17, 2011 at 5:59 PM

    kerennnn,,,lanjutkan lil,,jodoh memang harus di jemput,,dan wanita pa lg seorang istri itu senang di puji( tp yg ga lebayyy), dan menghormatinya di hadapan org banyak pa lagi teman2 suami itu akan lebih menambah rasa cinta dan hormatnya terhadap suami.lanjut terus nulisnya

    Reply

  13. Posted by andien garindia on August 18, 2011 at 9:36 AM

    jodoh memang misteri… hehehe , gk tau kapan n lewat mana dtangnya…tp sperti cuplikan ayat yg ada di komen di atas…perempuan yg baik buat lelaki yg baik gt jg sbliknya… smg Allah sgra kasih yg terbaik buat kakak y…amiiiinn…. :)

    Reply

  14. Posted by rinti on August 18, 2011 at 10:45 AM

    beberapa kali sempet mampir ke blog ini…senang bisa baca tulisannya…banyak hal yang bisa diambil pelajaran…salam kenal…oya…ijin share untuk tulisan di atas ya…mksh…oya…ikutan doain nih biar segera mendapatkan apa yang dicari…hehehe…semoga aku juga…qiqiqi…

    Reply

  15. Posted by duha on August 18, 2011 at 10:36 PM

    bagus brooo sayang nya ngga ajak2 ni nonton MTG ah….
    boleh juga tuh ide kalau dah ada yang mau langsung lamar ke ortunya…
    kalau gue bagaimanaa mana ya broo….hehehheheeee
    blm mau mau ni hehehehheeh…..
    semoga doa mu terkabul brooo

    Reply

  16. Posted by Citra on August 19, 2011 at 9:15 AM

    1st of all, makasi adlil, uda mau sharing pengalamannya di MTGW. =)
    Jadii………. “Perempuan itu dikawini atas empat perkara, yaitu: karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, atau karena agamanya. Akan tetapi, pilihlah berdasarkan agamanya agar dirimu selamat.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

    Jika kita memilih seseorang sebagai pasangan hidup, dan ketika interaksi dengan dirinya, kita merasa menjadi lebih hebat, merasa terberdayakan semua potensi dan skill terpendam, dan pasangan kita juga merasakan hal yang sama.
    Nah, jika bertemu orang seperti ini, jangan lama-lama memutuskan. Dia adalah jodoh Anda. Kejar! Kejar! Ikat! Jangan lepaskan! Segera menghadap orangtuanya! >>> berlaku hanya utk para pria.

    IMO, ketika 2 org dengan keunikannya masing2 memutuskan utk berkomitmen, maka alangkah baiknya jika hubungan tsb didasarkan pada niat baik dan bermanfaat positif utk mereka. Jika tidak, maka ikhlaslah.. dia bukan jodoh anda. Namun jika saling melengkapi dengan kebaikan, maka……. tarik, maaaanngg!!

    Reply

    • 1st of all, makasih sudah mau memberi tiket gratisan nonton MTGW tempo hari. Ini laporan perjalanannya sudah diberikan ya put. Hehehe. Mudah-mudahan bermanfaat.
      2nd, dengan keberanian berkomentar = berani keluar dari box yang membebani. Selamat Ciput. Life must go on…car-car-cari, kunci target jk sudah ketemu. tarik maaaaannggg :)

      Reply

      • Posted by Citra on August 19, 2011 at 10:12 AM

        ah dikau.. sblumnya kan uda berkomentar… :p
        cari, kunci target?
        Beuuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhh…….. ciput ga pegang kuncinya.. ciput pegang gemboknya. Si Entah Siapa Itu yg pegang kuncinya. :D

      • Lupa put. Kau kan berkuasa penuh untuk mengatakan setuju atau tdk. Enaknya jadi cewek. Dikejar….

  17. salut mas, untuk judul yang mencuri perhatian, trus aku juga baru tau lho tips memilih jodoh yang kayak gitu, hmm, bisa dijadikan tambahan pertimbangan nih :)

    Reply

  18. Posted by nastiti on August 19, 2011 at 7:44 PM

    mmm…mantap, bener banget dengan semua koment diatas..udah mantep teorinya..tinggal prakteknya Ad…
    semoga cepet ketemu jodohnya Ad..,
    dan..boleh juga tuh idenya syura…hahaha…

    Reply

  19. Posted by azadin on August 20, 2011 at 4:13 PM

    tulisanya tambah mantap…… bagi-bagi kalo ada info tiket mtgw….siap meluncur ke jakarta….kalo menurutku sih ga usah banyak kriteria…. sifat dan karakter istri terbentuk oleh karakter suami……

    Reply

  20. Ooh gt ya….hmm interesting :-) thanks for the tips At, akan coba dijalani hehe, btw gantian dong kunjungan ke tulisan aku yg baru

    Reply

  21. :)
    bingung mau komentar apa, tapi yang pasti ‘adegan’ antara bapak Mario Teguh dan Istri, adalah salah satu yang paling aku suka di dalam tulisan ini.
    sebenaranya ada banyak perempuan yang ‘suka’ melakukan itu.. tetapi ada banyak lelaki yang merasa ‘itu tidak perlu’
    malahan lebih banyak yang suka melakukannya ketika masih pacaran ketimbang waktu sudah menikah…

    terserah lah…
    :)

    Reply

  22. semalam acara baru di tayangkan di metro. Temanya yang membuat saya sangat tertarik.

    Reply

  23. semoga aad di mudahkan ya dalam menjemput jodohnya.. aamiin..

    Reply

  24. serasa dapat siraman rohani….xixi….makasih mas….tulisannya bikin mrinding…

    Reply

  25. wah-waah,, boleh ni kak, buat dijadiin resep mencari jodoh.. hehe..
    oiya, menurut kak Aad, ada ga sih sbenernya “pacaran islami” tuh??

    Reply

  26. Posted by nila on September 13, 2011 at 5:37 AM

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ…..
    Saling meninggikan, saling memuliakan,saling membesarkann saling menguatkan… Tips dalam memilih pasangan…
    Bagus dijadikan referensi, tapi seandainya usaha yg qt jalankan adalah serasa hambar tampa bumbu karena “dia” tak kunjung menghampiri, hanya datang singkat dan meninggalkan luka… Itu salah satu yang menjadikan saya pribadi merasa tersakiti…
    Semoga cinta sejati seperti yg anda gambarkan pada perilaku kasih sayang Pak Mario dan Ibu Linna dapat segera saya rasakan… Alangkah indahnya…
    (Berharap mode on). (^_^)

    Reply

    • Perempuan tak harus mencari lelaki idamannya. Tapi ia harus membuka jalan, agar ia mudah ditemukan oleh lelaki hebat. So, pintar-pintarlah buka diri, buka hati, untuk lelaki hebat. Yang ga hebat, ya jangan dipilih.

      Reply

  27. Posted by laya nya tipow on September 22, 2011 at 12:55 PM

    baru baca sampe sub bab ‘Mario Teguh dari dekat’. aku ga kuat nahan air mata.

    Reply

  28. wah jadi tambah penasaran nih, nonton Mario Teguh secara live..
    Boleh minta info nya ga..gimana yah caranya biar bisa dapet undangan MTGW ?
    selama ini pengen bgt dateng tapping nya, nonton langsung, tapi ga tau caranya, hehe
    Terimakasih yah sebelumnya :D

    Reply

  29. izin share ya ad….. buat temanku….:)

    Reply

  30. Posted by Budi on December 12, 2011 at 10:31 PM

    “Mario Teguh juga cerita, ketika kita putus cinta, diputuskan, ditinggal pacar, jangan berlarut-larut sedih. Segera tarik cinta yang ditolak tadi, lalu tawarkan ke orang lain yang lebih tepat, yang mau menerimanya. Sesederhana itu kok urusan cinta. Mungkin banyak yang bilang, tak semudah itu. Tapi nyatanya se-simple itu. Memang, kadang rasa sakit setelah putus dari orang yang pernah kita sayang, terasa begitu menyayat hati. But, life must go on….Bukankah begitu, kawan?”
    Like this dahhh…!!!! Buat apa mengemis cinta, kalo memang bukan itu yang terbaik??? Lalu mencari jodoh dengan kriteria empat hal saling memuliakan, saling meninggikan, saling membesarkan, saling menguatkan juga oke bangettzz… Semoga nanti aku menemukan sosok tersebut jadi pendamping hidupku.. Aamiin

    Reply

  31. Posted by Alyanii on December 14, 2011 at 8:56 AM

    I like it

    Reply

  32. Salam super..
    Pak Mario,,umur sy 20 th,pacar sy 28 th. Kami udah jalan slama hampir setahun. Dan kami akan mnikah. Dia trgolong udah mapan,sdgkan aku baru sja kuliah smester 3. Pak Mario,apakah org menikah itu sebaikx harus sama2 udah pnya pkerjaan masing2 ?? Trimakasih Pak Mario.
    Salam Super !!

    Reply

    • Pertama saya mohon maaf,
      Anda jadi salah sangka. Ini bukan blognya pak Mario Teguh. Ini blognya Adlil Umarat. Saya hanya menuliskan pengalaman pribadi saya bertemu Mario Teguh di acara taping MTGW di studio Metro TV. Selanjutnya, saya mempraktekkan ilmu yang didapat dalam urusan jodoh. Hasilnya, bisa anda cek di cerita Menjemput Jodoh yang saya bagi dalam beberapa part.

      Kedua, dengan kerendahan hati, mohon izinkan saya memberikan saran atas perkara yang sedang dihadapi soal jodoh. Tentu ini hanya dari sudut pandang saya pribadi. Sifatnya subjektif. Mudah-mudahan anda berkenan.

      Menurut saya, Anda sebaiknya menyelesaikan sekolah terlebih dahulu. Proses menyelesaikan kuliah, akan membuat Anda semakin dewasa dan matang karena akan menghadapi masalah dan belajar menyelesaikannya. Umur 20 tahun menurut saya terlalu muda untuk menikah. Masih banyak potensi diri yang Anda bisa garap dari sekarang. Kelak ketika menikah, Anda tinggal mengembangkan potensi yang sudah terkuak itu. Saya khawatir jika Anda menikah cepat, nanti terkungkung dengan masalah rumah tangga yang pelik.

      Namun, jika gejolak cinta sudah tak tertahan lagi, bisa ambil opsi untuk menikah. Banyak teman saya yang nekat menikah saat kuliah. Hasilnya tergantung mereka. jika punya karakter kuat, komitmen kuat untuk menyelesaikan kuliah, maka pernikahan seharusnya bisa jadi penyokong diri Anda berkembang pesat dengan segala potensi yang Anda miliki.

      Ini tips penting tentang memilih jodoh dari Mario Teguh. Perhatikan! Carilah pasangan yang ketika bersamanya, kita mampu melakukan keempat hal berikut: saling memuliakan, saling meninggikan, saling membesarkan, saling menguatkan. Jika pasangan Anda tidak membawa ke arah sana, maka segera abaikan (tinggalkan). Ia bukan pasangan yang terbaik buat Anda.

      What the maxsud? Gini lho, jika kita memilih seseorang sebagai pasangan hidup, dan ketika interaksi dengan dirinya, kita merasa menjadi lebih hebat, merasa terberdayakan semua potensi dan skill terpendam, dan pasangan kita juga merasakan hal yang sama. Nah, jika bertemu orang seperti ini, jangan lama-lama memutuskan. Dia adalah jodoh Anda. Kejar! Kejar! Ikat! Jangan lepaskan! Segera menghadap orangtuanya!

      Demikian saran saya. Semoga membantu memecahkan permasalahan yg Anda hadapi. Salam kenal

      Reply

  33. Posted by arie on February 14, 2012 at 11:49 AM

    Amazing,,,sayangnya q baru baca sekarang dil. Ijin mengutip beberapa kalimat ya dil,,thanks you,,,

    Reply

  34. sebelumnya mohooon maaf…baru tw ente punya blog dlil…
    hahah sep2…asik ni di baca

    Reply

    • Sila mampir Deva. Kalau tertarik, bisa baca juga tulisanku yang lainnya. Bisa juga dibantu sebarin ke kolega, teman, sahabatmu. Terima kasih

      Reply

  35. tips yang bermanfaat gan

    Reply

  36. yeah, pak mario memang the best….

    Reply

  37. Posted by akhmad ks on May 4, 2012 at 2:12 PM

    thanks

    Reply

  38. Posted by rony on May 6, 2012 at 1:19 AM

    Smoga bapak mario teguh d beri umur panjang agar bs mnsejahterakan pola pandang masyarakat indonesia

    Reply

  39. ini menjadi cara tersendiri unutk melakukan rencana selanjutnya

    Reply

  40. Trmksh ya?..

    Reply

  41. wah kerennnn…:)

    Reply

  42. Posted by prita kwartono on November 2, 2012 at 1:28 PM

    thanks ya sob, setelah baca ulasan kamu khususnya tentang “ritual cinta” yg dilakukan pak mario dan ibu linna sebelum pak mario naik ke atas stage, itu dalam bgt dan “ngena” bgt dihati aku. trnyata benar “di balik sosok pria yang hebat adalah seorang istri yang hebat”. besok pagi aku mulai praktekan dengan suamiku, insyaallah. semoga menjadi spirit baru untuknya :)

    Reply

    • Semoga langgeng ya bersama pasanganmu. Jgn lupa, kasih tau dampaknya setelah melakukan ritual cinta itu. Aku juga praktekkan di rumah soalnya, bersama istri tercinta. The power of love. Sudi mampir juga baca tulisanku yg lain ya dan tinggalkan komentar.

      Reply

  43. thank’s ya kak untuk penjelasan “Let’s talk about the language of love” , menarik n luaarr biasa…..

    Reply

  44. Reblogged this on antonaisyah and commented:
    tips lain cara mencari jodoh :D

    Reply

  45. kalo mau tayang, kabari aku yha,, by hinata :) hehehee

    Reply

  46. smoga cpt dech ktmu ma jodoh u &aq jg gtu

    Reply

  47. cpt ktmu ma jodoh’a ? & q jg

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Museum Pribadi

pejalan kaki elite

Catatan Ruslan

Coming Soon..

Arip Blog

Coretan, Catutan dan Cacatnya Harian Arif Abdurahman

jemari anneo

"LEPASKAN YANG RAGU, GENGGAM YANG PASTI".

RGS no tsubuyaki

dengan semangat Bangun Indonesia!

Penyukajalanjalan

Jelajahi dunia selagi bisa

just a treasure

jika kau bertanya apa hartaku yang paling'berharga', maka kau sudah menemukannya. :)

Mirna's Blog

My Life, My Story

Sudut jalan

bebas, mencari makna

Imam Khairul Annas

Catatan Harian Imam Khairul Annas

infinitelyprecious

recollection of moments, toughts, and memories

Priana Saputra

Apa ya yang disukai Orang Pendiam?

Don Charisma

because anything is possible with Charisma

Arif Rahman Hakim - ARH

Semangat Menebar Manfaat..

Under The Rain

Hujan adalah kebebasan dan aroma kemegahan. Saat tangis tersamarkan. Saat awal dan pengharapan.

Home Five

Selamat Datang , Silahkan Menikmati Yang Ada Di Sini !!!

blognoerhikmat

lihat dengan kata.baca dengan hati

Sang Widy

Just For Love In Your's Life

ahlijiwa

Karena Kita Manusia, Selalu Ada Kesempatan Kedua untuk Jadi Lebih Baik

I'm 'me' when you know it

"One’s destination is never a place, but a new way of seeing things." – Henry Miller

PUSPANESIA

membahasakan rasa lewat kata dan tanda

A Call for Youth

Berbagi untuk Saling Menguatkan

Infographic List

For those who love Infographics - www.infographiclist.com

inspirasi

all about my story

BELAJAR TANPA BATAS

.:::: Seputar Pendidikan - OPINI - Sastra - Spiritual Motivation - Multiprofesi - Desain Grafis - etc.

A JOURNAL OF A RANDOM BLOGGER

just enjoy it, whether you like it or not

a part of me

banyak hal luar biasa yang dapat dinikmati dengan cara sedrhana

Tutunain Pangeran

Thread Diskusi Hiburan Terfavorit

qualcosa di bello

tulisan melewati ruang dan waktu!

learninghabit

everything has a secret to learn

Iga Massardi

Is a Diagrams

M O R E T A

LAKSANAKAN KATA HATIMU

Writessionate

scripta manent - verba volant

hprimantoro

The greatest WordPress.com site in all the land!

Chao's blog

Berbagi pengetahuan, berbagi ingatan

mysukmana

saya punya cerita :))

Halfway Home

"wherever you go, you can always come back home"

Manshur Mu'thy A Kafy

Ngelmu Iku Tinemune Kanthi Laku

Padepokan Budi Rahardjo

belajar untuk menjadi manusia ...

Karena "in" Sudah Dipakai..

Indonesia Begitu Indah

ridhaintifadha

Hidup ini bukanlah kumpulan titik dan tanda seru | Namun kumpulan koma dan tanda tanya

(lagi-lagi) kisah DUDUL seorang bhella bhello

a small girl named Nabila and her traveling alter-ego, Ms. OMG!

it's simply me

Behind My Mind

Jurnal Simbangando

mozaik pemikiran dan keseharian insinyur listrik

littlelambrental

Just another WordPress.com site

Personal Investment Trainer

Life, Business & Future Investment

Bucket List Publications

Indulge- Travel, Adventure, & New Experiences

@NotedCupu Mahasiswa "Imigran"

Terkadang Pemikir, Terkadang Gak, Terkadang Edan | #NotedCupu

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,647 other followers

%d bloggers like this: