Afiqah Humayra Umarat

Ananda sayang, surat ini Panda tulis tepat di tahun baru 2013. Bukan bermaksud apa-apa. Panda tak merayakan tahun baruan. Bahkan ketika semua kembang api cetar-cetir membahana topan, Panda biasanya hanya tidur pulas. Tahun lalu, Panda dan Manda ada di kos-kosan sederhana, sambil memandangi langit penuh kembang api dari balik jendela. Tapi kali ini kebetulan saja Panda baru bangun tidur setelah lelah kerja seharian. Terbangunnya jam 23.00 jelang awal tahun baru 2013. Spontan saja Panda pikir sepertinya keren kalau nulis surat cinta untukmu.

Bidadari Kecilku

Bidadari Kecilku

Panda memberimu nama Afiqah Humayra Umarat. Kenapa? Bagaimana asal-usul namamu? Tulisan kali ini akan coba bahas sejarah namamu dan makna terkandung di dalamnya.

Mencari namamu adalah sebuah perjuangan juga nak. Kalau di dalam agama Islam, memberi nama kepada anak dianjurkan dengan nama yang baik. Karena nama adalah doa. Setiap namamu dipanggil, maka kamu sedang didoakan. Harapan Panda dan Manda, setiap orang memanggil namamu, mereka sedang mendoakanmu secara tidak langsung. Maka dari itu, Panda dan Manda banyak diskusi untuk mencari nama yang pas untukmu, sayangku.

Mulai dari cari di internet, buku, sampai lihat dan dengar dari manapun, kami jalani. Biasanya Panda Manda diskusi, sudah ketemu belum nama yang pas untuk anak di dalam kandungan Manda? Beberapa alternatif kami siapkan.

Si Imut imut

Si Imut imut

Waktu itu Manda ngidam pengen lihat Afiqah, seorang artis cilik yang cantik, yang sedang tenar saat itu. Afiqah menjadi bintang iklan sebuah produk biskuit. Sebelumnya ia adalah bintang iklan susu formula. Afiqah di dalam iklan-iklannya selalu tampil lucu dan menggemaskan. Mungkin itu pula yang membuat Panda-Manda jatuh cinta padanya. Di satu waktu di pagi hari, ternyata di acara Dahsyat RCTI ada Afiqah jadi bintang tamu. Panda iseng nawarin ke Manda, “Mau foto ama Afiqah ga? Mau lihat dari dekat?” Ternyata gayung bersambut. Manda langsung bilang “Mau” tanpa pikir panjang.

Panda-Manda naik motor ke RCTI. Langsung masuk studio Dahsyat deh dan melihat dari dekat Afiqah yang lucu dan imut. Awalnya Afiqah agak malu-malu didekati. Tapi karena Manda orangnya gigih tapi halus PDKT nya, akhirnya Afiqah mau juga foto sama Manda. Sebelumnya, Manda kenalan dulu dengan orangtuanya Afiqah, ngobrol tanya ini-itu.

Sepulang dari nonton acara live musik Dahsyat di RCTI, Panda dan Manda diskusi tentang kekaguman kami pada Afiqah. Panda dan Manda menduga, inilah salah satu cikal-bakal kekaguman kami pada nama Afiqah. Sebenarnya orang-orang memanggil, mengeja dan menulis namanya dengan kata Afiiiikaaa.. Persis seperti di iklan tv.

Habis Mandi

Habis Mandi

Panda yang penasaran mencari tahu arti nama asli Afiqah dalam bahasa Arab. Ternyata artinya sangat bagus. Afiqah itu artinya orang berpengetahuan luas.

Kakek, Nenek, Akung, Uti, om dan tante berlomba ngasih masukan nama buatmu. Mereka semua sayang kamu, nak. Pengen kamu punya nama bagus dan mengandung doa yang mulia.

Uti pun dengan semangat ingin menambahkan nama Bidadari di dalam namamu. Panda sangat suka kata itu. Meski akhirnya tak terealisasikan, namun harapan Panda-Manda, kamu sudah pasti akan menjadi bidadari buat Panda-Manda ya nak. Bidadari penyejuk mata, penyelamat Panda-Manda kelak di surga. Jadi anak solehah yang menjadi prestasi terbesar Panda dalam hidup ini.

Panda-Manda bersepakat memberi satu elemen nama Afiqah di dalam namamu. Kenapa? Karena artinya keren. Kalaupun kami terinspirasi dari artis cilik yang imut si Afika Oreo, tentu itu hanya pemicu saja. Tak lebih.

Setelah kata Afiqah, Panda-Manda mencari unsur nama lain yang bisa dipadu-padan dengan nama awalmu tadi. Panda punya konsep, kamu kelak punya konsep diri yang jelas, punya bencmark yang jelas, punya jiwa kepemimpinan.

Panda-Manda berdiskusi lagi sepanjang hari demi hari, minggu demi minggu. Akhirnya ketemulah kata Humaira. Humaira adalah panggilan sayang Rasulullah SAW kepada Aisyah, istrinya. Artinya, si pipi (yang) kemerah-merahan.

Mungkin nama Humaira sudah banyak dipakai. Agar ada perbedaan, Panda-Manda bersepakat untuk menamakan Humayra pada namamu. Wah, jadilah namamu Afiqah Humayra. Perempuan berpengetahuan luas yang meneladani Aisyah sebagai bencmark-nya.

Kami ingin ananda kelak bisa tertular kecantikan, kepintaran, kesolehahan, dan segala hal yang keren dari seorang Aisyah, istri nabi.

Terakhir, Panda menambahkan kata Umarat di bagian akhir namamu. Umarat adalah nama keluarga besar kita kelak. Panda sudah tetapkan degan Manda akan membangun Bani Umarat. Umarat sebenarnya berasal dari kata Arab Umara’, yang artinya para pemimpin. Panda harapkan (doakan), ananda sedari kecil sudah memiliki jiwa kepemimpinan. Jiwa kepemimpinan di sini murni bicara masalah kualitas kepemimpinan. Kepemimpinan bukan dalam kacamata sempit seperti posisi dalam memimpin, tapi lebih dalam dari itu. Kepemimpinan dipandang dari kacamata impact dirimu sebagai seorang pribadi. Panda berpedoman pada perkataan Presiden ke-6 Amerika Serikat John Quincy Adams tentang pemimpin, “Jika tindakan Anda menginspirasi orang lain untuk bermimpi, bertindak, dan menjadi lebih dari sebelumnya, Anda seorang pemimpin.“

Pipi Tumpah

Pipi Tumpah

Sebagai catatan khusus untukmu nak, ketika Manda menjalani kehamilanmu di umur 3 bulan, Manda dan Panda mengajakmu untuk ikut di social project keren berjudul #KelasInspirasi (digagas oleh Gerakan Indonesia Mengajar di bawah supervisi Anies Baswedan). Panda berharap, itu adalah awal kepedulianmu pada lingkunganmu kelak. Panda-Manda menyiapkanmu untuk jadi social actor di lingkunganmu, bukan hanya jadi follower. Kamu adalah inisiator, nak.

Jadi lengkap sudah namamu, Afiqah Humayra Umarat. Perempuan berpengetahuan luas, yang meneladani segala hal tentang Aisyah–istri Nabi Muhammad SAW—dan punya jiwa kepemimpinan.

Jika kelak ananda mengalami kebimbangan, galau, disorientasi sesaat, tidak semangat, maka jangan khawatir. Segera resapi lagi arti mendasar dari namamu. Itu sudah cukup untuk mengembalikanmu ke track semula. Teladani Aisyah, jadilah orang berpengetahuan luas, dan kembangkan jiwa kepemimpinanmu.

Panda rasa sudah cukup jelas semuanya. Panda dan Manda hanya dititipi oleh Allah merawat dan membesarkanmu. Panda hanya titip satu hal, jalani hidupmu sesuai namamu. Karena namamu adalah doa dari Panda dan Manda. Doa yang Insya Allah mengandung makna mulia. Makna yang bisa menuntunmu untuk sampai di surganya Allah kelak.

cemonk

cemonk

Panda tidur dulu sebentar sebelum Subuh datang. Jam 9 pagi ini, tgl 1 Januari 2013, Panda pindahan barang terakhir dari rumah kontrakan di Kebon Jeruk ke rumah pertama kita di Kota Wisata Cibubur. Rumah Panda, Manda, dan kamu nak. Ini rumah pertama kita. Insya Allah bukan rumah yang terakhir. Tak sabar rasanya segera bertemu denganmu, bermain bersama di rumah baru kita. Sejak dirimu lahir di Gresik, hampir tiap 2 minggu Panda bolak-balik Jakarta-Surabaya. Kadang karena sangat rindu, Panda bolak-balik tiap minggu. Berangkat ke Surabaya hari Jumat, lalu balik lagi hari Senin pagi dan langsung kerja. Kecintaan padamu membuat Panda punya energi lebih untuk melakukan apapun yang terbaik.

Dalam rindu yang menggebu, biasanya Panda hanya bisa kirim doa dari jauh, semoga Manda dan dirimu sehat-sehat dan baik selalu di sana. Oia nak, umur 1 bulan setengah, kamu sudah diajak Manda mengerjakan Thesis di kampusnya Manda di ITS Surabaya. So, Panda ndak salah ngasih nama buatmu. Dari kecil saja sudah berkutat menemani Manda Nesis. Insya Allah kelak kamu juga akan menjalani Thesismu sendiri, sampai ke level yang tertinggi. Dan yang lebih terpenting, kata kunci dari Panda, jangan lupa diukur, seberapa besar impact dan manfaat keberadaanmu di lingkunganmu. Jangan lupa harus hormat sama Manda. Dari masa hamil, melahirkan, hingga membesarkanmu dengan ASI Eksklusif, itu semua luar biasa, dan tak bisa dihitung pakai kalkulasi manusia.

Salam Rindu Menggebu,

Panda

Adlil Umarat

Salam Rindu Menggebu

Salam Rindu Menggebu

40 responses to this post.

  1. Subhanallah….entah sy harus memulai dari mana, supaya tulisannya ‘gurih’ seperti tulisan ini, makasih ka’ nice share….

    Reply

    • Terima kasih kak Nurul Habeeba kalau tulisannya dianggap ‘gurih’. Tapi kami tak pakai penyedap Ajinomo#o atau Sas# lho. Hehehe. Rajin mencoba, pasti nanti ketemu sendiri caranya.

      Reply

  2. Wah, mau bikin “Bani Umarat”, hehehe…..btw aku sama suami juga lagi berdiskusi tentang nama anak. Cuma satu yang udah pasti, nama belakangnya itu pasti “Wijanarko”, hehehehe…….

    Reply

    • Selalu seru ngobrol2 tentang masa depan. Tak ada yg bisa memastikan. Enaknya membicarakan masa depan, kita bisa sebebas-bebasnya bermimpi, berkeinginan. Indahnya kalau sudah berkeluarga, punya partner diskusi 24 jam yang selalu siap sedia. Ngobrolin mau dipanggil apa oleh anak-anak kita kelak, mungkin terkesan ringan, tapi seru. Aku dipanggil Panda dan Manda. Hasil diskusi dengan istri.🙂

      Reply

  3. Keren cak🙂 inspiratif

    Reply

  4. Posted by puyi on January 1, 2013 at 10:01 AM

    Wah, afiqah humayra umarat, semoga kelak doa manda dan panda terkabulkan aamiin,, salam kenal yaa dari kaka rayya el rachma ibrahim sama abang rasya el rasyid ibrahim,, ;D

    Reply

    • Kapan-kapan ketemu ya Puyi. Pasti dah gede anakmu sekarang ya. Kalau aku ajak anak istri lewat darat pake mobil, bisa jadi alternatif mampir ke tempat Puyi. Salam balik untuk keluargamu.

      Reply

  5. Fotonya lucu2 yah

    Reply

  6. Tambahin dong foto sama mandanya….Afiqah hebat, dari kecil sudah berjuang temenin bunda thesis, pandanya juga berjuang di jakarta siapin tempat tinggal yg layak buat keluarga, sekeluarga berjuang semua very inspiring. Sampai ketemu di Jakarta ya Afiqa…..

    Reply

    • Bagi-bagi tugas, untuk capai tujuan bersama. Itulah indahnya berkeluarga. Berjuang bersama. Halang rintang dihadapi bersama. Saling menyemangati. Keberhasilan pun akan dirayakan bersama. Nanti ditambah foto yg sama manda. Makasih Kak Ummu udah mampir.

      Reply

  7. wuiih bang add, foto terakhirnya itu lhoo, anakku kl lg rewel jg br bisa tidur kl tengkurep diatas badan bapaknya, anak sekarang trennya bgtu kali ya? xixixi :p

    Reply

    • Keajaiban dada seorang ayah. Hehehe. Tapi tetap ASI Eksklusif dari Ibu tiada yg bisa menandingi peran pentingnya. Butuh kolaborasi ayah-ibu dalam membesarkan anak. Nikmatnya di sana.

      Reply

  8. Posted by qurrata 'ayun on January 7, 2013 at 7:42 PM

    baca-nya berkaca-kaca, yg nulis engga ya? hahahaha,,

    Reply

    • Yang nulis memulainya dari jeritan hati seorang Panda yg kangen anak (LDR). Mudah2an dimengerti anakku kelak. Terima kasih sudah mampir ya.

      Reply

  9. Posted by Ridha Fikra abu Afiqah on February 16, 2013 at 8:29 AM

    Nama yang indah dengan arti yang bagus, nama anak saya juga sama (Afiqah Humaira). Salam kenal.
    Ridha Fikra abu Afiqah.

    Reply

  10. Posted by shelly on February 20, 2013 at 9:08 PM

    Kapan yaa bs bertemu afiqah, mau main tp terkendala transportasi dan waktu nihhh. Lucunya dedek afiqah :* salam cium dr kakak twina raisa althafunnisa dan kakak twini qania althafunnisa yaaa :*

    Reply

  11. Ass. Salam kenal Mas Umarat. Alhamdulillah Allah pertemukan saya dengan blog ini. Tulisan yang renyah dan gurih membuat saya makin penasaran untuk membacanya. Blog ini juga salah satu yang menginspirasi saya utk segera posting tulisan2 saya. Karena masih pemula dan amatiran serta baru belajar utk merangkai kata maka Tulisan sya blm ada apa2 nya dibandingkan dgn Blog ini. Mhn kritik dan saran ya buat blog saya dan silakan mampir di jengfidi.blogspot.com..

    Reply

  12. Ass.. Mas Umarat bisa di share bagaimana bisa me-manajemen waktu antara kerja, keluarga dan nge-blog. sehingga bisa berjalan maksimal.

    Reply

    • Pertanyaan yg menarik. Hal yg sama pernah aku tanyakan ke temanku yg sudah bikin buku. Jawabannya, semua bisa diatur jadwalnya. Kuncinya, keinginan kuat menulis harus terakomodir. Meski hanya selembar per hari. Kata temanku itu, asal loe niat, bisa kok.Saya ngeblog rata2 pagi hari. Artinya posting tiap @pukul5pagi, sesuai dengan twitter saya. Ketika ada waktu luang dan dapat ide, saya tulis dulu, save di PC/ laptop/ catatan kecil. Lalu di rumah, dilanjutkan pengembangannya. Intinya, semua itu bisa diatur. Asalkan niat dan tekad kuat.

      Reply

    • Silahkan lahap semua isi blog saya, dan jangan lupa tinggalkan komentar/ kesan ya. Syukur2 link blog saya dishare di twitter dan fb mu. Hehehe. Makasih.

      Reply

  13. Bismillah… segala sesuatu tinggal niatnya ya. Semoga Allah memberi keistiqomahan dlm menyampaikan hal2 bermanfaat, walaupun hanya 1 ayat.. Insya Allah mas. Mampir jg ya ke blog ku. Semoga bssaling memberi kemanfaatan. Salam kenal buat afiqah dan manda andin..

    Reply

  14. Posted by armiyanti25@gmail.com on April 20, 2013 at 11:53 AM

    Assalamualaikm braw..saya suka sekali dengan postingan2 anda…luar biasa…!anda orang padang tapi nyambung dengan bahasa jawa…hehe…terus terang saya kagum dengan kegigihan anda dalam proses menjemput jodoh,langka lho cowok zaman sekarang yg berjuang mndapatkan cinta sejati..jaman sekarang kebanyakan udah pacaran smpe bertahun2 tapi giliran di suruh menghadap ortu lgsung kabur..!:-)

    Reply

  15. Posted by waksalahrabo on April 30, 2013 at 10:21 PM

    tulisan yang menginspirasi

    Reply

  16. Beberapa hari yang lalu baru baca tulisan yang ttg jodoh (kemudian linknya saya share di plurk, tanpa ijin, hehe), buka blognya lagi ternyata sudah ada tulisan ttg putrinya. Haha,, selamat mas, semoga putrinya menjadi cahaya keluarga😀

    Reply

  17. subbhanalloh…

    Reply

  18. Bang Umarat, what a great story and a beautiful name..
    Semoga kelak ketika saya diamanahi putra dan putri pun bisa seperti Panda dan Manda…AS eksklusif dan perjuangannya patut ditiru…
    Semoga Afiqah bisa jadi muslimah sholehah dan penyejuk keluarga…
    Secerdas Aisyah dan menjadi penggerak Bani Umarat kelak..
    Peluk dan kecup hangat dari Bandung
    :’)

    Reply

  19. Posted by bunda fanani on January 9, 2016 at 9:43 AM

    Sungguh menjadikan inspirasi bagi saya,, dan alhmdulillah kebetulan sy sedang hamil tua anak pertama..jadi lebih semngat nyari nama yg pas buat si kecil….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

childhoodoptimizer

"Optimalkan masa kecil anak, agar hidupnya selamat, kelak!"

One's Blog

Ucapan berhamburan - Tulisan akan bertahan

Azizah SL

Membumikan Kata, Melangitkan Cerita

Ollie dan Dunianya

"I read, I travel, and I become"

penjelajahmimpi

Terus menjelajahi mimpi, karena semua berawal dari sini

Chae's Blog

Life begins at the end of your comfort zone

Muhammad Jhovy Rahadyan

Be The Best Of Ourself

Ardisaz

Talk about Tech, Startup, Gadget, Travel, and My Daily Life

Kiki Barkiah

Ummi diary

Zaky Amirullah

Merapikan Serpihan Hikmah

Fitri Ariyanti's Blog

Mengolah Rasa, Menebar Makna

DIENG PLATEAU

PARADISE OF CENTRAL JAVA

Pusat Refill Toner

Refill Toner Di Tempat

Febri Photography

Kadang keindahan diawali oleh kegilaan

dinysullivan92

This Is My Life

Tentang Hidup

Hidup sekali, Hiduplah yang berarti..

Seorang Pemuda Pendamba Ridho Ilahi

Pecinta Dzikir dalam Alunan Fikir

SilentManifest

Don't Trust Me. I'm not a Writer

Seni Hidup

=Ketidaksempurnaan Itu Cantik=

Stev_vannie's blog

Apalah Arti Sebuah Kata

literasi . seni . lestari

untaian patahan kata bertaut menjadi narasi beresensi

direizz

Just another WordPress.com site

Komunitas Ngéjah

Desa Sukawangi - Kec Singajaya - Kab Garut

NANDA PRINTING DAN PERCETAKAN RAWAMANGUN – JAKARTA

Percetakan, Foto Copy, Penjilidan, Pengetikan, Design Grafhis, Print dan Komputer

sihaik

This WordPress.com site is the bee's knees

Azinuddinikrh's Blog

barangkali kau benar, hanya malaikat dan gemericik air lah yang dapat membawaku pergi berlalu

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Blog Ayunda Damai

Bermain, Belajar dan Bercerita

Kicau Kaki

Melangkah, memotret, menulis

serbaserbitoyota

information & news

Scientia Afifah

bacalah, dan bertumbuhlah!

Yanto Musthofa

In this very short journey home, I dare not to dream of making a difference. The world is going to have a marker that I've ever been growing in it, ... that's all I have to dream of.

nimadesriandani

Balanced life, a journey for happiness site

Rindrianie's Blog

Just being me

Martina Nofra Panai

InsyaAllah 2017

SanWa Journeys

by Sandrine Tungka

rizasaputra

tempat kuring ngacapruk

Moh Darodjat

Muhammadiyah Gerakanku

Ruli Blogger

Wordpress.com

Life Journey

Catatan Perjalanan Kehidupan

JaTiara

A Diary To Share And Review My Random Memories

CCTV, AC, GPS, PABX, Brankas, Pemadam Api, JAMBI

Safety Spesialis, Bengkel Mobil, Material Bangunan, Jambi 0741-7350248, 085216881144

Imaji Tiada Batas!

Hidup sederhana, berkarya luar biasa.

Ridwanologi

Ruang Pandang Ridwan Aji Budi Prasetyo

D L A`s Stories

Mylife, Mydeath are all for Allah SWT.

unspoken mind

if you can't tell, just write

%d bloggers like this: