“Ditampar” Allah

Satu siang hari yang sangat terik, hawa berhembus panas sekali. Gerah rasanya. Ingin langsung nyebur ke dalam kolam yang ada es-nya. Memang, belakangan ini cuaca berubah tak menentu. Kadang panas sekali, kadang tiba-tiba hujan deras sekali. Padahal saat itu sudah masuk April. Harusnya tak hujan. Yah, begitulah kondisi alam kita sekarang, tak bisa diprediksi. Mungkin kerusakan hutan dengan menebangnya sembarangan, bisa jadi salah satu penyebab cuaca kita jadi tak menentu. Iklim berubah. Tatanan terganggu.

Aku, istriku, dan Si Cantik “Cikmay” Ayra sedang menempuh perjalanan dari rumah sakit menuju rumah kami di Kota Wisata Cibubur dengan mengendarai motor matic Scoopy. Enaknya motor matic adalah tinggal tarik gas aja, dijamin bisa akselerasi dengan zag-zig-zug. Perjalanan dari Rumah sakit ke rumah kami sekitar 5 km kurang lebih.

Di tengah terik itu, aku berujar di dalam hati, “Ya Allah panas banget sih…ga tahan deh.”

Aku tiba-tiba membayangkan segera punya mobil, agar anakku tak kepanasan jika bepergian jauh seperti saat ini. Di tengah perjalanan, lamunanku mulai membayangkan satu persatu merk mobil incaran. Mulai dari mobil sederhana yang hanya mementingkan fungsinya saja, sampai pada mobil impian yang masih belum dilepas di pasaran.

Pikiranku melayang entah kemana. Ternyata, tak dinyana, istriku di belakang yang sambil bersusah payah menjaga anakku yang super aktif, mengeluhkan hal yang sama, “Panda, panas banget ya hari ini..enak banget kalau punya mobil..”

Lha, kok bisa sama keluhannya ya. Berarti ini benar panas banget siang ini.

Baru selesai aku menganalisa keluhan istri, begitu sampai di sebuah turunan dekat Mitra 10 Cibubur, aku dikejutkan dengan sebuah kejadian. Kebetulan saat itu sedang macet. Jadi kami pelankan kecepatan, memilih agak menepi menyusuri bagian kiri jalan.

Tetiba aku dan istriku sama-sama diberikan penampakan yang bikin hati ‘jleb’.

Di daerah turunan itu, aku melihat seorang bapak, istrinya, dan dua orang anak kecil sedang berjuang melawan arus, mendaki dari tempat yang cukup curam. Empat orang manusia dalam satu keluarga itu juga sama berjuang seperti kami, menaklukkan panasnya siang hari ini. Namun, bedanya, si bapak sedang menarik gerobak. Si ibu sedang mendorong gerobak mereka dari belakang. Sementara dua orang anaknya sedang duduk di atas gerobak yang sudah berisi barang bekas, sambil bercanda tawa.

Ketika mau papasan, aku memberhentikan motor matic-ku. Mencari celah agar tak tabrakan dengan si bapak yang menarik gerobak itu. Jadi, kami lihat betul bagaimana letihnya si bapak dan ibu itu menarik dan mendorong gerobak di turunan/ pendakian yang curamnya mendekati 45 derajat kemiringan.

Saat papasan, aku melihat sang bapak berhenti sejenak, menghela napas panjang, tanda capek. Keringatnya terlihat jelas ngucur. Terlihat jelas dari bajunya yang separuh basah separuh kering. Si Ibu dari belakang gerobak juga berhenti sejenak. Terlihat raut muka letih di wajahnya.

Seketika itu juga hatiku langsung meringis. Berteriak kencang. “Ya Allah aku bersyukur diberikan motor matic, sehingga tak harus capek-capek mendaki jalan yang terjal. Tinggal tarik gas aja dari tangan kanan, kendaraan sudah jalan.”

Tentu berbeda jauh dengan nasib bapak pembawa gerobak tadi. Ia harus bersusah payah untuk mendaki jalanan terjal. Apalagi ditambah sengatan matahari terik, tentu perjuangannya jauh lebih menantang. Seketika itu juga aku merasa jadi hamba Allah yang tak bersyukur beberapa menit sebelumnya.

Aku menoleh ke belakang memberi kode pada istriku. Lalu manda Andin langsung berucap, “Ya Allah alhamdulillah panda ya. Kita naik motor. Tu lihat orangnya naik gerobak, ada anaknya dua lagi.”

Siang itu, di panas yang terik, kami sempat mengeluh, lalu kami langsung “ditampar” oleh Allah dan diberikan pembelajaran yang langsung on the spot. Begitu kami mengeluh, kami dihadapkan pada kenyataan bahwa masih banyak orang yang tidak seberuntung kami yang bisa naik motor matic scoopy.

“Noh, lihat tuh ada orang yang lebih sulit darimu, tapi ia tetap berjuang narik gerobaknya, dan anaknya diarak bak raja..”

Aku teringat pepatah bijak yang mengatakan, “jangan lupa selalu lihat ke bawah…itu akan membuatmu bersyukur dan tak lupa diri”. Itu terjadi pada kami siang itu.

17 responses to this post.

  1. Saya juga pernah ngalamin hal yang kurang lebih sama, pas mengeluhkan keadaan, eh, tahu-tahu dikasih lihat nasib orang yang jaaaauuuuuuhhhhh kurang beruntung dibanding saya. Harus pandai-pandai bersyukur memang dengan apa yang dimiliki. Btw, kalau mau mobil murah, beli mobil Eropa second aja, harganya jatuh banget. Aku beli Peugeot 206 buatan tahun 2002 aja bisa dapat 67 juta. Kalau mobil Jepang harga second-nya memang masih mahal banget. Tapi kalau beli second ya minimal mesti sedia cadangan antara 10-15 juta buat perbaikan-perbaikannya kalo ternyata ada yang rusak. Memang kalau beli mobil Eropa mesti dieman-eman karena perawatannya lebih mahal, susah cari KW-nya. Tapi kelebihannya, relatif lebih tahan lama dibanding mobil Jepang, dengan catatan ga lapar mata, jangan pengen buru-buru ganti karena udah bosan.

    Reply

  2. Posted by umi zahra on May 9, 2013 at 7:11 AM

    Assalamualikum…
    Mungkin Allah menciptakan mereka yg kekurangan utk membuat kita yg lbh bisa berucap alhamdulillah…ini jg sering saya alamin mas…sama…merasa kurng ini itu ya..pdhl punya semua…hiksksks…naujuzillahmknzhalik…smga Allah mengampuni dosa2 kita semua..aamiin..thanx buat bapak2 gerobak n anak2 nya yg mash bisa tertawa di teriknya panas…saya ikut bahagia bila melihat mereka yg kurang mash bisa tertawa lepas…itu mnjdikan motivasi bahwa kita yg naik motor…naik mobil…harusnya bisa lbh berempati kpda klrga sendiri…dan akhirnya akan berdampak ke lingkungan….nice shared mas …

    Reply

  3. sebaiknya kalau ketemu orang kayak gitu.. dilaporin ke pemprov terkait bro.. biar bisa dikasih tempat yang layak. Kasihan anaknya tinggal di gerobak. Tanggung jawab pemprov setempat buat memelihara mereka.

    Reply

  4. bersyukur dengan melihat ke bawah …

    Reply

  5. Bahagia bukan ttg apa yg qt miliki, tp apa yg qt syukuri. nice sharing ^^

    Reply

  6. Posted by Buggy Mac on July 6, 2013 at 10:32 PM

    Sedikit nambahin, pepatah ngambilnya dari hadits Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam mungkin:

    Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda:

    اُنْظُرُوْا إِلَى مَنْ هُوَ أَسْفَلَ مِنْكُمْ وَلاَ تَنْظُرُوْا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ فَإِنَّهُ أَجْدَرُ أَنْ لاَ تَزْدَرُوْا نِعْمَةَ اللهِ عَلَيْكُمْ.
    “Lihatlah kepada orang yang berada di bawahmu dan jangan melihat orang yang berada di atasmu, karena yang demikian lebih patut, agar kalian tidak meremehkan nikmat Allah yang telah diberikan kepadamu”

    😀

    Reply

  7. Aih… ini kalo kata bapaknya Nares, “liat ke atas nggak akan ada habisnya. Lihat ke bawah, maka akan selalu berkata – maka nikmat Allah yang mana yang kau dustakan?” Hiks hiks hiks… Ah, jadi speechless…#mendingan belajar lagi

    Reply

  8. terimakasih atas sharenya gan😦

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

childhoodoptimizer

"Optimalkan masa kecil anak, agar hidupnya selamat, kelak!"

One's Blog

Ucapan berhamburan - Tulisan akan bertahan

Azizah SL

Membumikan Kata, Melangitkan Cerita

Ollie dan Dunianya

"I read, I travel, and I become"

penjelajahmimpi

Terus menjelajahi mimpi, karena semua berawal dari sini

Chae's Blog

Life begins at the end of your comfort zone

Muhammad Jhovy Rahadyan

Be The Best Of Ourself

Ardisaz

Talk about Tech, Startup, Gadget, Travel, and My Daily Life

Kiki Barkiah

Ummi diary

Zaky Amirullah

Merapikan Serpihan Hikmah

Fitri Ariyanti's Blog

Mengolah Rasa, Menebar Makna

DIENG PLATEAU

PARADISE OF CENTRAL JAVA

Pusat Refill Toner

Refill Toner Di Tempat

Febri Photography

Kadang keindahan diawali oleh kegilaan

dinysullivan92

This Is My Life

Tentang Hidup

Hidup sekali, Hiduplah yang berarti..

Seorang Pemuda Pendamba Ridho Ilahi

Pecinta Dzikir dalam Alunan Fikir

SilentManifest

Don't Trust Me. I'm not a Writer

Seni Hidup

=Ketidaksempurnaan Itu Cantik=

Stev_vannie's blog

Apalah Arti Sebuah Kata

literasi . seni . lestari

untaian patahan kata bertaut menjadi narasi beresensi

direizz

Just another WordPress.com site

Komunitas Ngéjah

Desa Sukawangi - Kec Singajaya - Kab Garut

NANDA PRINTING DAN PERCETAKAN RAWAMANGUN – JAKARTA

Percetakan, Foto Copy, Penjilidan, Pengetikan, Design Grafhis, Print dan Komputer

sihaik

This WordPress.com site is the bee's knees

Azinuddinikrh's Blog

barangkali kau benar, hanya malaikat dan gemericik air lah yang dapat membawaku pergi berlalu

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Blog Ayunda Damai

Bermain, Belajar dan Bercerita

Kicau Kaki

Melangkah, memotret, menulis

serbaserbitoyota

information & news

Scientia Afifah

bacalah, dan bertumbuhlah!

Yanto Musthofa

In this very short journey home, I dare not to dream of making a difference. The world is going to have a marker that I've ever been growing in it, ... that's all I have to dream of.

nimadesriandani

Balanced life, a journey for happiness site

Rindrianie's Blog

Just being me

Martina Nofra Panai

InsyaAllah 2017

SanWa Journeys

by Sandrine Tungka

rizasaputra

tempat kuring ngacapruk

Moh Darodjat

Muhammadiyah Gerakanku

Ruli Blogger

Wordpress.com

Life Journey

Catatan Perjalanan Kehidupan

JaTiara

A Diary To Share And Review My Random Memories

CCTV, AC, GPS, PABX, Brankas, Pemadam Api, JAMBI

Safety Spesialis, Bengkel Mobil, Material Bangunan, Jambi 0741-7350248, 085216881144

Imaji Tiada Batas!

Hidup sederhana, berkarya luar biasa.

Ridwanologi

Ruang Pandang Ridwan Aji Budi Prasetyo

D L A`s Stories

Mylife, Mydeath are all for Allah SWT.

unspoken mind

if you can't tell, just write

%d bloggers like this: