Ini Aksi, Bukan Donasi!

Mohon maaf, atas desakan banyak pihak, tulisan sebelumnya harus dihapus karena menyentil banyak orang. Ada anggota wakil rakyat yang kebakaran jenggot, ada pejabat sekolah yang tidak suka, ada juga guru yang tak setuju isu ini diangkat.

Kadang orang Islam itu ada phobia berlebihan tersendiri. Aneh. Disakiti, dizolimi, malah diam saja menutup diri. Ya sudahlah.

Baru kali ini saya menulis spt ‘kerasukan’ yang bisa saya nikmati. Kontemplasi mendalam, memotret kejadian yang sebenarnya, menampilkan kata-kata berani dan kuat yang menyentuh. Selesai menulis, setelah diendapkan 10 menit, saya baca lagi tulisan saya. Saya menangis. Itu adalah salah satu tulisan terbaik yang pernah saya buat.

Kecewakah saya? Pasti. Sangat. Biarlah anak saya yang kelak membaca tulisan asli dari bapaknya, dan menjadi saksi bahwa bapaknya adalah pemberani. Pemberani untuk mengatakan yang benar adalah benar, yang salah itu adalah salah. Berani itu butuh nyali. Berani itu dari hati.

Ada juga yang minta naskahnya diedit semanis mungkin. Untuk apa bermanis-manis ria, seolah menutup pokok permasalahan yang ada? Itu bukan tipe saya. Maaf sekali lagi, saya menulis bukan untuk membuat semua hal terasa manis. Saya menulis karena ada panggilan dari hati untuk menulis.

“Menulis adalah sebuah keberanian…”
Pramoedya Ananta Toer

10 responses to this post.

  1. Posted by Abah Tea on July 22, 2013 at 8:15 AM

    Ya Allah… Ad, biarlah terbangmu terus tinggi. Kepakkan sayapmu hingga satu saat kelak bayangmu mejadi peneduh bagi segenap umat manusia, tidak hanya kami. Yakinlah, para ksatria pilihan tak kan meminum Air Sungai Urdus, sebelum Jalut bertekuk lutut.

    Reply

  2. Posted by ibnmaknun on July 23, 2013 at 1:15 PM

    semoga dimudahkan ndan, amien

    Reply

  3. Saya sudah simpan baik baik naskah nya. Kelak, bukan hanya ayra dan adik adiknya yg akan membaca. Salam semangat, kak.🙂

    Reply

  4. Posted by gufygoz on July 25, 2013 at 2:16 PM

    Merdeka!!!

    Reply

  5. membunuh tulisan sendiri dapat dikategorikan sebagai kriminalitas, dan jujur saja beberapa kali tulisan saya kerap mendapatkan desakan yang sama:untuk dihapus,

    alasan nya:ini media sosial, maya dan sebagainya dan sebagainya akan lebih baik ditulis di catatan harian kamu saja
    *towew

    keberanian untuk mengungkapkan apa yang kita rasa perlu diungkapkan, maka tolong jangan puter balik, jangan setback!

    nanti waktu kita ditanya sama Alloh:”mbok ya aku uji lewat kotroversi tulisan saja kamu gak sanggup, mana partisipasi signifikan dirimu umarat?sudahkah menjadi rahmatan lil alamain?apa yang sudah kau lakukan didunia ini?”

    *pertanyaan yang sama untuk diri sendiri*

    lalu kita menjadi diam:malu mematut diri sendiri

    dan kalo berkenan apakah boleh saya meminta dikirim bentuk asli tulisan ini aksi dan bukan donasi?

    matur tengkiyu pak

    mari terus belajar

    Reply

    • Awalnya memang tak mau menghapusnya. Namun atas permintaan guru yang saya hormati, saya mengalah. Saya tidak ingin guru saya merasa dipermalukan dengan fakta yang saya ungkap. Meski faktanya benar, tak ada yg bisa bantah yang saya tulis, tapi tetap saja, menurut beliau-beliau, mengganggu hatinya. Terus terang saya dilema. Ini pertama kalinya saya meng-hide tulisan yg udah dipublish. Tapi di sisi lain, tujuan dari gerakan ini sudah tercapai. Lewat proposal detil dan kata pengantar yang provokatif dari tulisan ini, telah terkumpul uang Rp 185 juta dari alumni sekolah kami untuk modal awal gerakan yang lebih masif mengatasi masalah yang ada. So, saya mengalah bukan untuk kalah, saya mengalah karena rasa hormat pada guru-guru. Daripada diedit kata-kata pedas dihilangkan, lebih baik meniadakannya. Saya tak rela tulisan saya diralat karena blog ini berbasis motto: Biasakanlah yang benar, jangan benarkan kebiasaan. Cukup teman-teman sekolahan saya yang tahu bagaimana tulisan saya yang detil saya paparkan dengan sangat terbuka.

      Sila lihat tulisan berani saya di “Negeri Calo (Lapis Legit)!”

      Reply

  6. Mas Adlil, sayang sekali aku belum sempat baca tulisannya😦 apakah boleh dikirimkan melalui email. Tentu tanpa maksud apa-apa selain hanya untuk dibaca sendiri. Semoga berkenan ya🙂 haryadiyansyah@gmail.com terima kasih sebelumnya.

    Reply

Leave a Reply

childhoodoptimizer

"Optimalkan masa kecil anak, agar hidupnya selamat, kelak!"

One's Blog

Ucapan berhamburan - Tulisan akan bertahan

Azizah SL

Membumikan Kata, Melangitkan Cerita

Ollie dan Dunianya

"I read, I travel, and I become"

penjelajahmimpi

Terus menjelajahi mimpi, karena semua berawal dari sini

Chae's Blog

Life begins at the end of your comfort zone

Muhammad Jhovy Rahadyan

Be The Best Of Ourself

Ardisaz

Talk about Tech, Startup, Gadget, Travel, and My Daily Life

Kiki Barkiah

Ummi diary

Zaky Amirullah

Merapikan Serpihan Hikmah

Fitri Ariyanti's Blog

Mengolah Rasa, Menebar Makna

DIENG PLATEAU

PARADISE OF CENTRAL JAVA

Pusat Refill Toner

Refill Toner Di Tempat

Febri Photography

Kadang keindahan diawali oleh kegilaan

dinysullivan92

This Is My Life

Tentang Hidup

Hidup sekali, Hiduplah yang berarti..

Seorang Pemuda Pendamba Ridho Ilahi

Pecinta Dzikir dalam Alunan Fikir

SilentManifest

Don't Trust Me. I'm not a Writer

Seni Hidup

=Ketidaksempurnaan Itu Cantik=

Stev_vannie's blog

Apalah Arti Sebuah Kata

literasi . seni . lestari

untaian patahan kata bertaut menjadi narasi beresensi

direizz

Just another WordPress.com site

Komunitas Ngéjah

Desa Sukawangi - Kec Singajaya - Kab Garut

NANDA PRINTING DAN PERCETAKAN RAWAMANGUN – JAKARTA

Percetakan, Foto Copy, Penjilidan, Pengetikan, Design Grafhis, Print dan Komputer

sihaik

This WordPress.com site is the bee's knees

Azinuddinikrh's Blog

barangkali kau benar, hanya malaikat dan gemericik air lah yang dapat membawaku pergi berlalu

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Blog Ayunda Damai

Bermain, Belajar dan Bercerita

Kicau Kaki

Melangkah, memotret, menulis

serbaserbitoyota

information & news

Scientia Afifah

bacalah, dan bertumbuhlah!

Yanto Musthofa

In this very short journey home, I dare not to dream of making a difference. The world is going to have a marker that I've ever been growing in it, ... that's all I have to dream of.

nimadesriandani

Balanced life, a journey for happiness site

Rindrianie's Blog

Just being me

Martina Nofra Panai

InsyaAllah 2017

SanWa Journeys

by Sandrine Tungka

rizasaputra

tempat kuring ngacapruk

Moh Darodjat

Muhammadiyah Gerakanku

Ruli Blogger

Wordpress.com

Life Journey

Catatan Perjalanan Kehidupan

JaTiara

A Diary To Share And Review My Random Memories

CCTV, AC, GPS, PABX, Brankas, Pemadam Api, JAMBI

Safety Spesialis, Bengkel Mobil, Material Bangunan, Jambi 0741-7350248, 085216881144

Imaji Tiada Batas!

Hidup sederhana, berkarya luar biasa.

Ridwanologi

Ruang Pandang Ridwan Aji Budi Prasetyo

D L A`s Stories

Mylife, Mydeath are all for Allah SWT.

unspoken mind

if you can't tell, just write

