Satu Hari, Tiga Rasa: Manis (Part 1)

Hidup memang akan selalu penuh warna-warni dan bermacam rasanya. Ada manis, ada asam, ataupun pahit. Kebetulan, tgl 5 Jan 2015, aku merasakan ketiga rasa berbeda itu dalam satu hari. Tulisan ini akan dibagi tiga: fase manis, fase asam, lalu terakhir fase pahit. Judul tulisannya pun sudah dipilih sesuai fase dan rasa yang dirasakan di tiap fasenya. Kita mulai dari fase manis ya, kawan-kawan.

Manis

Sebuah surat penugasan masuk ke email kantorku. Isinya tentang jadwal pembicara di rangkaian pelatihan BDP (Broadcast Development Program) MNCgroup di Menara Kebon Sirih tertanggal 5 Jan 2015.

Kaget juga sih membaca ada namaku tertera sebagai pembawa materi untuk Rating TV. Sebenarnya pasti banyak yang lebih layak menyampaikan materi tersebut dibandingkan aku yang masih muda ini. Terutama dari unit kerja lain di MNCgroup. Tapi, penunjukan ini aku anggap sebagai kepercayaan yang besar dari manajemen yang harus dijawab tuntas dengan penampilan yang paten. Umur muda di industry ini, bukan berarti aku tak bisa memberikan sharing wawasan tentang industry tv ini dari sisi rating tv dan riset media.

Manajerku resign. Diikuti dengan satu lagi section head. Tinggallah aku sendirian di level first line management menanggung beban kerja manajer, dan dua section head. Selainku, ada beberapa officer yang pengalamannya relatif masih muda di bidang riset tv. Sesuatu yang menantang juga bisa grooming skuat muda, memperkuat riset tv, untuk mengalahkan bagian riset di tv lain, yang rata-rata diisi oleh orang yang lebih senior. Kalau nanti RCTI sudah ada di posisi unggul di all slot, tentu ini sebuah prestasi. Skuat bocah-bocah kelahiran 90-an bisa mengalahkan researcher yang lebih senior. Saat ini, RCTI unggul di slot primetime 18:00-22:30, dimana potensial pemirsa sedang tinggi-tingginya.

BDP @MNCgroup

BDP @MNCgroup

Aku siapkan diri untuk menyusun materi tentang rating tv yang ringan, jelas, tapi meaningful dan harus mampu membuka wawasan skuat baru pelaku industri tv di MNCgroup. Pesanku buat mereka singkat saja: jika ingin membuat program ke depan, pastikan berprinsip good content & good rating.

Jika itu sudah terpenuhi, dijamin, rasa puas akan memenuhi relung hati Anda selaku pelaku industri. Biasanya, bad content (always) gets good rating. Ini bukan jualan kecap. RCTI sudah membuktikan lewat tayangannya: Tukang Bubur Naik Haji, Catatan Hati Seorang Istri, Miss World di Bali, Hafiz Indonesia, X Factor Indonesia, Rising Star Indonesia, Indonesian Idol, Junior MasterChef Indonesia, dan lain-lainnya. Program yang dibuat, selain mengakomodir popularitas lewat hiburannya, tapi juga ada value yang bisa jadi pelajaran hidup buat yang menontonnya.

Ini dia komentar 80 orang BDP MNCgroup setelah selesai menerima materi sharing session rating tv. Some of them sangat puas. Namun, ada juga yang memberikan beberapa input yang konstruktif (Pertanyaan no 75-81). Alhamdulillah:

  1. “Materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan cara penyampaian yang dilakukan enak. Sehingga mudah untuk diterima pendengar.”
  2. “Keren, penyampaiannya cukup jelas, menghibur, dan menyenangkan.”
  3. “Isi materi yang bapak sampaikan sangat menarik. Pengemasan materi singkat, namun memiliki isi. Mudah dimengerti.”
  4. “Anti mainstream, keren. Ini orang antimainstrem, out of the box. Penyampaian konten yang baik. Cara penyamapain yang menarik, sangat bermanfaat.” (Kinanthi)
  5. “Unik, nyentrik, orang yang kreatif dan ingin tampil beda. Pembicara dapat menyampaikan isi/ materi dengan baik dan menyenangkan, tidak membosankan. Materi sangat bermanfaat.”
  6. “Mampu memberikan informasi yang lebih tentang rating dan share, di sebuah media televisi.”
  7. “Ingin tersenyum. (Pembicara) sangat percaya diri untuk tampil. Materi yang disampaikan dapat tersampaikan dengan baik, dengan metode yang baik dan tidak membosankan, serta menghibur.”
  8. “Sangat membantu dalam membuka wawasan tentang programming.” (Y)
  9. Materi yang disampaikan sangat menarik sehingga mudah diterima dengan baik.”
  10. “Materi dan penjelasan sangat jelas. Good!”
  11. “Sangat membantu tentang pengetahuan akan rating dan share serta cara perhitungannya.Memberikan pemecahan masalah-masalah yang terjadi pada saat menurunnya rating/ share acara, serta solusinya.”
  12. “Gokil, alim, berprinsip. Materi yang menarik dan penyampaiannya yang komunikatif.”
  13. “(Pembicara) aneh, lucu, relijius, dan berani beda dalam berpenampilan. Penyampaian materi sudah baik, tidak membosankan, tapi terlalu cepat. Menarik, “Biasakanlah yang benar, jangan benarkan kebiasaan…Kece mas…”
  14. “Aneh, unik, orang yang nyeleneh. Materinya good, terbuka, ramah.”
  15. “Menurut saya, materinya bagus, berkaitan dengan rating dan share yang menurut saya masih semi nggak jelas di Indonesia aplikasinya. Tapi dengan seminar ini, cukup menjawab beberapa pertanyaan saya.” (Gie)
  16. “TV Audience Measurement menginspirasi dan tambah wawasan, bermanfaat untukku.”
  17. “Materi menarik dan cara menyampaikannya sangat menarik. Juga informasi tersampaikan kepada responden.”
  18. “Materi yang disampaikan sangat jelas dan sangat membantu mengentai materi rating dan share tersebut. Dengan materi yang disampaikan, kita dapat mengetahui gimana suatu acara menarik atau tidak.”
  19. “Materi share & rating bagus.” (Arif Global)
  20. “Keren aja mah kalau ane lihat. Nice!” (Iwan)
  21. “Sangat menarik sekali materi yang mas Umarat berikan. Mudah dimengerti oleh saya. Mas beli topi kayak mas Umarat dimana? Saya tertarik sekali. @lprimadi”
  22. Materi yang disampaikan oleh Umarat menurut saya baik. Berhasil sampai di pemahaman saya tentang materi yang disampaikan. Dengan pembawaan yang unik, komunikatif, sehingga ada feedbacknya.”
  23. “Materinya menarik, penyampaiannya juga bagus dan tetap nyentrik.”
  24. “Kaget sekali, unik, menarik. Cara penyampaian dan materi yang dipresentasikan jelas dan mudah dipahami.”
  25. “Presentasi hari ini: bermanfaat, singkat, padat, jelas, lanjutke Rek!!”
  26. “Seru, cara penyampaiannya asik, materi yang dikasih jadi nyantol.”
  27. “Cukup menghibur dan penjelasannya jelas.”
  28. “Menarik, presentasi yang luar biasa! Gak bosenin.”
  29. “Cara penyampaiannya bagus, semua materi dapat tersampaikan dengan baik dan tidak membosankan.”
  30. “Penyampaian yang menyenangkan, tidak membosankan. Materi yang disampaikan sangat memberikan pengetahuan.”
  31. “Penyampaian materi yang disajikan bermanfaat dan mengesankan. Dan semoga seterusnya akan tetap unik & beda! J”
  32. “Bagus banget mas, beneran bisa mengajarkan kita tentang media, terutama bagi saya yang “zonk” soal per-televisian. Saya sekalian mau tanya, tapi ini lebih personal (tentang tv)….X$%$%^&^*&^(*&(&%*^%&^%*^%*&^*&^ Balas di email saya ya mas (japri)”
  33. “Materi dan metode penyampaiannya menarik dan bermanfaat. Yang jelas tidak membosankan.”
  34. “Penyampaian yang menarik, dapat lebih dekat dengan teman-teman, seru, tidak membosankan dan interaktif. Materi yang bagus. Terima kasih, sampai bertemu lagi, pak J”
  35. “Cara penyampaian materi menarik dan membuka pengetahuan kita tentang rating & share”
  36. “Materi yang disampaikan menarik. Cara pembawaannya santai dan mudah dimengerti. Lucu”
  37. “Materi yang disampaikan inspiratif dan membuka wawasan tentang rating-share”
  38. “Materi yang disampaikan sangat bermanfaat. Sehingga mengetahui perbedaan share dan rating secara mendalam. Di samping itu, dapat mengetahui saat produksi, konten acara apa saja yang akan ditampilkan dan target yang akan dituju. Good content, good rating!”
  39. “Penjelasannya dan contohnya jelas. Sehingga mudah dipahami dan menambah pengetahuan baru.”
  40. “Anda istimewa, unik, menarik, percaya diri, berbeda, beridentitas high self-confidence… Materi yang diberikan sangat bermanfaat namun belum terlalu detail karena terbatasnya waktu. Pemateri dapat memberikan informasi dengan unik sehingga mudah untuk dicerna”. (Geo)
  41. “Konten yang disampaikan sangat menarik, udah untuk dipahami”
  42. “Artistik dan ideal. Komedi berani. Komedi memahami”. (Catur Parah)
  43. “Fresh dan banyak info baru yang didapat. Materi yang ringan tapi pas untuk dipahami”.
  44. “Jadi paham mengenai rating & share. Thanks kk”
  45. “Nambah ilmu tentang rating, soalnya skripsi saya tentang rating sinetron” #BigHug
  46. “Sesi yang informatif, dan menarik karena suasana yang dibangun cair. Namun tetap serius. Terima kasih”.
  47. “Penyampaian materi cukup menarik dibawakan dengan santai gaya anak muda. Sehingga materi dapat mudah diterima. Salah satunya adalah apa perbedaan rating dan share yang sering tertukar”.
  48. “Penyampaian materi sangat jelas dan menarik. Sehingga pemahaman terhadap materi dapat dipahami dengan cepat. Penyampaian dengan santai dan lucu membuat suasana dan session berjalan lancar”.
  49. ‘Pembawaannya sangat bijak memberikan masukan dan pemahaman yang baik kemudian konten yang ditampilkan singkat dan jelas serta lebih bisa dimengerti.”
  50. “Menarik, jelas materinya, ga bikin bosan”.
  51. “Busyet nyentrik, orang yang punya idealisme sendiri…. Jelas dan menginspirasi, quote terakhir dari slide langsung bikin merenung dan mengevaluasi diri”.
  52. “Unik dan menarik…seseorang yang mempunyai karakter menyenangkan dan lucu. Dapat membuat suasana menjadi lebih hidup dan menarik untuk selalu didengarkan. Materi yang disampaikan oleh Pak Adlil Umarat sangat menarik. Ditambah cara penyampaiannya yang tidak membosankan dan sangat menarik, tidak membuat ngantuk. Hehehehe”.
  53. “Kaget, unik… orang yang menjadi diri sendiri selama dia nyaman dengan yang dikenakan akan cuek dengan yang dibilang orang lain…..Materi yang disampaikan sangat jelas dan komunikatif. Good job pak Adlil Umarat.”
  54. “Tidak hanya penampilannya saja yang gokil dan menarik, tapi materinya pun sangat menarik. Semoga hasil pertelevisian hari ini bisa memberikan inspirasi bagi kami. Thanksfull mas Umarat juara…”
  55. “Penyampaian materi ini bermanfaat. Disampaikan secara jelas dan membuka/ menjawab semua penasaran dan tanda tanya saya selama ini..”
  56. “Untuk kakUmarat Adlil, thank you for sharing kak. Jadi tahu ni tentang rating & share. Mungkin besok kalau ketemu lagi, bisa ditambahkan tentang perbandingan MNC media sama media lainnya dari program share dan channel share secara keseluruhan. Keep gokil kak…. J”
  57. “Untuk kak Umarat Adlil, dalam penjelasan rating dan share cukup jelas. Mungkin hitzz rambutnya kalau diwarnai kuning, oke tu kak… Thanks kakak..”
  58. “Penjelasannya simple dan mudah dimengerti. Saran: diperbanyak contoh kasus dan pemecahannya guna mendapatkan pemahaman yang lebih kongkrit (Rahmat)
  59. “Kreatif, inovatif. Berbeda dan sangat menarik untuk dilihat…. Tingkatkan dalam mempresentasi, agar tidak membosankan dan makin kreatif. Terima kasih..”
  60. “Edan, punkers.. Karakter anak-anak yang punkers music… Kocak dan jelas sekali penjabaran segala hal tentang rating karena selama ini saya cenderung menyalahkan pihak-pihak tv yang tidak memiliki konten bagus.”
  61. “Greatfull!”
  62. “Suatu materi yang bagus, menambah pengetahuan saya yang mempunyai background bukan dari dunia pertelevisian. Penyampaian materi lugas, dan jelas disertai dengan contoh-contoh yang semakin memberikan gambaran yang nyata.”
  63. “Jadi lebih mengerti dan memahami apa sebenarnya rating dan share dalam sebuah tayangan tv. Cara penyampaian materinya ngena banget, mudah dipahami.”
  64. “Penyampaian presentasi sudah baik dan menarik. Tetap jaga kelucuan dan nyentriknya.”
  65. “Bapak itu unik dan beda. Orang yang ingin mendeskripsikan dirinya beda dan lebih dari yang lain. Materinya menarik, presentasinya jelas, kocak, audience diberi kesempatan dan jawaban yang jelas.”
  66. “Materi yang menarik. Pembicara yang unik. Saya jadi tertarik untuk mendengarkan. Saya kasih empat jompolllll!”
  67. “Presentasi yang menarik, mudah dimengerti. Sarannya, penampilan selanjutnya agar bisa lebih unik lagi…”
  68. “Unik, identitas…Sangat menarik, dikemas dengan suasana santai namun materi dapat diterima dengan jelas.”
  69. “Good words. Sepertinya dapat perspektif lain antara membuat suatu konten yang idealis atau realistis.”
  70. “Bakal keren, unik…materi cukup menjelaskan, sehingga membuat saya paham. Waktu kurang panjang…”
  71. “Orang yang berani beda….KEREN, WAKTUNYA KURANG BANYAK….”
  72. “Bikin penasaran, karakternya unik, kreatif dalam memunculkan ide… Cukup inspiratif bagi kami yang akan bergabung di media dan ditambahkan lagi keunikan dalam melakukan presentasi.
  73. “Presentasinya bagus dan komunikatif. Bahasa yang dipakai mudah dimengerti. Good.”
  74. “Kelas TAM (TV Audience Measurement) oleh A Umarat penjelasannya sangat jelas. Penyampaian materinya pun dengan ringan sehingga gampang dicerna. Terima kasih ilmunya.” (Dessy Fuji Astuti–BDP MNCTV–)
  75. “Materinya menarik. Tidak membosankan. Hanya slide yang digunakan kurang menarik.”
  76. “Contoh dari training yang informatif dan mudah dipahami serta dalam cara pemberian materi cukup jelas. Namun masih kurang interaktif seperti mengadakan games atau pertanyaan.”
  77. “Presentasi cukup jelas dan menghibur. Mungkin kalau waktunya masih banyak, bisa lebih jelas lagi materinya.”
  78. “Waw, Joss. Punya kepribadian yang berbeda dengan orang kebanyakan. Materi yang diberikan membantu sekali. Sangat jelas dan terperinci. Tetap contoh secara kongkrit dalam program/ progress kerja di programming belum jelas (hanya menunjukkan data). Proses dari riset sampai muncul program apa yang cocok utnuk stasiun tv tersebut belum dijelaskan.”
  79. “Materi yang telah disampaikan mudah dipahami. Namun mungkin kurang waktunya. Sehingga hanya beberapa materi saja yang bisa disampaikan. Akan lebih baik disampaikan secara detail agar mudah dipahami.”
  80. “Pembahasan sangat menarik, inspiratif, data yang dipresentasikan harus diupdate.”
  81. “Untuk materi dan pematerinya sudah cukup memberikan informasi yang lengkap dan jelas, serta cara penyampaiannya pun mudah diterima dengan jelas. Mungkin satu hal karena waktu terbatas, jadi materi yang disampaikan masih terasa agak kurang maksimal.” (Ega)

Selesai acara, aku puas membaca respon peserta. Sharing idea selalu jadi hal yang menyenangkan buatku. Mungkin ini salah satu passion-ku. Rasa senang dan puasnya membuncah, meluap-luap. Rela tak dibayar untuk melakukannya lagi di kemudian hari.

Terima kasih support dari istri dan anak tercinta, juga buat doa teman-temanku (PPSDMS, WBT10), support dari perusahaan yang telah memberi kepercayaan menjadi pembicara untuk level group.

Sekian dari cerita fase manis. Nantikan cerita fase asam di part selanjutnya…

“Ciao Bella…”

2 responses to this post.

  1. Posted by fietiara on February 2, 2015 at 12:59 AM

    jadi penasaran pengen liat rekaman presentasi ada ga? ☺

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

childhoodoptimizer

"Optimalkan masa kecil anak, agar hidupnya selamat, kelak!"

One's Blog

Ucapan berhamburan - Tulisan akan bertahan

Azizah SL

Membumikan Kata, Melangitkan Cerita

Ollie dan Dunianya

"I read, I travel, and I become"

penjelajahmimpi

Terus menjelajahi mimpi, karena semua berawal dari sini

Chae's Blog

Life begins at the end of your comfort zone

Muhammad Jhovy Rahadyan

Be The Best Of Ourself

Ardisaz

Talk about Tech, Startup, Gadget, Travel, and My Daily Life

Kiki Barkiah

Ummi diary

Zaky Amirullah

Merapikan Serpihan Hikmah

Fitri Ariyanti's Blog

Mengolah Rasa, Menebar Makna

DIENG PLATEAU

PARADISE OF CENTRAL JAVA

Pusat Refill Toner

Refill Toner Di Tempat

Febri Photography

Kadang keindahan diawali oleh kegilaan

dinysullivan92

This Is My Life

Tentang Hidup

Hidup sekali, Hiduplah yang berarti..

Seorang Pemuda Pendamba Ridho Ilahi

Pecinta Dzikir dalam Alunan Fikir

SilentManifest

Don't Trust Me. I'm not a Writer

Seni Hidup

=Ketidaksempurnaan Itu Cantik=

Stev_vannie's blog

Apalah Arti Sebuah Kata

literasi . seni . lestari

untaian patahan kata bertaut menjadi narasi beresensi

direizz

Just another WordPress.com site

Komunitas Ngéjah

Desa Sukawangi - Kec Singajaya - Kab Garut

NANDA PRINTING DAN PERCETAKAN RAWAMANGUN – JAKARTA

Percetakan, Foto Copy, Penjilidan, Pengetikan, Design Grafhis, Print dan Komputer

sihaik

This WordPress.com site is the bee's knees

Azinuddinikrh's Blog

barangkali kau benar, hanya malaikat dan gemericik air lah yang dapat membawaku pergi berlalu

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Blog Ayunda Damai

Bermain, Belajar dan Bercerita

Kicau Kaki

Melangkah, memotret, menulis

serbaserbitoyota

information & news

Scientia Afifah

bacalah, dan bertumbuhlah!

Yanto Musthofa

In this very short journey home, I dare not to dream of making a difference. The world is going to have a marker that I've ever been growing in it, ... that's all I have to dream of.

nimadesriandani

Balanced life, a journey for happiness site

Rindrianie's Blog

Just being me

Martina Nofra Panai

InsyaAllah 2017

SanWa Journeys

by Sandrine Tungka

rizasaputra

tempat kuring ngacapruk

Moh Darodjat

Muhammadiyah Gerakanku

Ruli Blogger

Wordpress.com

Life Journey

Catatan Perjalanan Kehidupan

JaTiara

A Diary To Share And Review My Random Memories

CCTV, AC, GPS, PABX, Brankas, Pemadam Api, JAMBI

Safety Spesialis, Bengkel Mobil, Material Bangunan, Jambi 0741-7350248, 085216881144

Imaji Tiada Batas!

Hidup sederhana, berkarya luar biasa.

Ridwanologi

Ruang Pandang Ridwan Aji Budi Prasetyo

D L A`s Stories

Mylife, Mydeath are all for Allah SWT.

unspoken mind

if you can't tell, just write

%d bloggers like this: