Menepi Untuk Proyek Menulis

Hari ini Kamis (28/01/16) saya berangkat ke sebuah daerah untuk merampungkan tulisan draft buku tentang Afiqah. Beberapa tulisan lain tentang Metode Sentra juga turut akan ditulis. Biar gaya dikit, nulisnya harus menepi dulu ke daerah yang sangat asri dan indah. Mencari pencerahan, biar nulisnya lancar seperti di tol Jagorawi kalau lagi lebaran hari pertama abis shalat Ied.

Saya ikut Pak Yudhistira Massardi menyepi untuk menulis di saung milik keluarga Pak Yudhistira di Tasikmalaya. Kami merencanakan untuk berangkat jam 5 pagi. Ada tawaran dari Pak Yudhistira untuk menginap saja di Sekolah Batutis agar tetap bisa berangkat habis subuh. Tapi, karena malamnya hujan, niat menginap di Batutis saya urungkan. Rencananya besok paginya sebelum subuh, saya berangkat dari rumah naik motor, lalu motornya dititip di rumah Pak Yudhis.

Awalnya mau berangkat bertiga, dengan Pak Yanto Musthofa sekalian. Tapi, beliau ada urusan lain, sehingga berangkatnya menyusul belakangan. Tepat pukul 5.30, kami jalan. Kemacetan masih belum parah. Hanya agak melambat menjelang Cikarang Utama. Maklum, truk dan kontainer masih saling berebut untuk dahulu-mendahului di jalan tol, meski napas mereka ngos-ngosan sebenarnya tak kuat digeber sedemikian rupa.

Kami janjian di rest area KM 174 untuk bertemu Kang Taufik. Ia rekan kerja Pak Yudhistira mulai dari Gatra, hingga Nebula dulu. Sampai sekarang masih tetap berhubungan baik. Kebetulan rumah beliau ada di Bandung. Jadi, ketika kami pas jam 07:58 sampai di TKP, tak berapa lama Kang Taufik pun datang. Kami sarapan bersama.

Kami ngobrol banyak hal, salah satunya tentang suatu peluang bisnis. Itung-itung dan kalkulasinya enteng-entengan, bebas sebebas-bebasnya. Eksplorasi ide. Hal menarik, dalam diskusi peluang bisnis ini, tak lupa Kang Taufik mengingatkan bahwa ada kebutuhan dari orang untuk selfie jika sedang jalan-jalan kemanapun. Itu harus ditangkap sebagai sebuah peluang dan harus diakomodir. Biasanya kebutuhannya foto-foto tersebut dipajang di laman sosial miliknya. Jadi, kalau mau berbisnis, harap perhitungkan faktor tersebut. Pengamatan yang menarik. Ga cuma ibu-ibu sepertinya. Hampir semua orang yang sudah berinteraksi dengan social media, punya kecenderungan hobi selfie sepertinya.

Tahu H. Ateng

Pas keluar dari tol, Kang Taufik membocorkan rahasia tempat beli tahu Sumedang favorit untuk dikunyah di daerah Cileunyi. Setelah putaran sekeluarnya dari pintu keluar tol, Anda akan menemukan pertigaan lampu merah. Begitu belok kiri, tunggu Anda bertemu dengan pom bensin Pertamina. Sebelah kiri jalan beberapa meter setelah pom bensin, ada tulisan Tahu H. Ateng. Nah, di situlah toko tahu yang enak dan recommended untuk dikonsumsi.

Tahu H. Ateng

Selain tempat itu, sebaiknya jangan dibeli deh. Saya sekeluarga pernah beli di sembarangan tempat akhir bulan Desember 2015, dan ternyata abal-abal. Rasa tahu Sumedang-nya merusak citra tahu Sumedang yang sebenarnya. Bayangan tahu Sumedang, sirna dan tercerabut dari akarnya. Jangan main-main dan coba-coba membeli tahu lain deh. Peringatan keras. Hehehe.

Mampir ke Kakak Pak Yudhistira

Sebelum sampai ke Tasik, kami mampir dulu ke rumah kakak perempuan Pak Yudhis satu-satunya di sekitar Ciawi, sebelum masuk Tasik. Di dekat rumahnya ada pemandian air panas yang terbuka buat umum. Ipar Pak Yudhis ini diserahi tugas mengelola pemandian air panas. Kami menemukan banyak tempat-tempat wisata yang skalanya kecil, tapi menarik di perjalanan ini.

Sampai di Saung Tengah Sawah

Letak saung milik Pak Yudhis benar-benar strategis dan indah. Ia tepat berada di tengah sawah yang masih hijau di kaki gunung Galunggung. Meski jalannya belum terlalu bagus aspalnya, tapi paling tidak sudah diaspal. Konon kata penjaga saung, nanti bulan Maret 2016 jalanan akan dicor (hot mix). Wah, makin mantap nih. Mungkin bakal sering main ke sini lagi.

Saung ini punya parkiran seluas 6 buah mobil. Saung ini bentuknya rumah panggung. Di bawahnya seharusnya ada kolam ikan. Tapi saat ini ditumbuhi tanaman sejenis enceng gondok. Dindingnya terbuat dari anyaman bambu yang diplitur. Ada teras yang cukup luas untuk duduk-duduk diskusi. Rumah ini lantainya dari kayu. Kayu dilapisi dengan karpet sejenis plastik. Tak tahu pasti aku namanya. Rasanya hangat duduk di lantainya. Mulai dari ruang tamu, hingga ruang lainnya terpampang lukisan karya pak Yudhis. Ada 4 ruang tidur, 2 toilet, dan satu dapur. Di tiap kamar, ada kasur busa yang empuk dan tebal. Ada alas dan selimutnya. Hangat. Tiap kamar ada 2 jendela. Pas melihat keluar jendela, terpampang indah sawah yang menghijau. Dari kamarku, matahari bisa terlihat muncul malu-malu di pagi hari. Benar-benar menenangkan secara psikologis. Aman. Nyaman. Tenang. Maka, nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?

Di Kaki Gunung Galunggung

Hari ini saya mulai menepi dulu sementara di daerah terpencil yang indah, untuk menyelesaikan tulisan tentang Afiqah dan tulisan lain tentang Metode Sentra. Malam ini hujan awet sedari sore. Suara kodok berbunyi bersautan. Gemericik air di parit pinggir sawah dekat saung, membuat suasana malam ini begitu indah. Suasana desa banget. Sempat mati listrik. Namun menyala lagi. Ada yang ngopi, ada yang merokok, dan kami diskusi bersama tentang banyak hal tanpa batas. Kami membicarakan tentang hidup, visi, misi, realisasi mimpi, masalah politik, bisnis, yang bisa bikin kami terkadang tertawa terpingkal-pingkal. Renungan menarik tentang hidup. Semoga saya bisa fokus melahirkan karya. Wish me luck, bro and sis!

Ingin komunikasi dengan saya? Follow: @pukul5pagi

Baca juga tulisan reflektif lainnya: Raker Keluarga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

childhoodoptimizer

"Optimalkan masa kecil anak, agar hidupnya selamat, kelak!"

One's Blog

Ucapan berhamburan - Tulisan akan bertahan

Azizah SL

Membumikan Kata, Melangitkan Cerita

Ollie dan Dunianya

"I read, I travel, and I become"

penjelajahmimpi

Terus menjelajahi mimpi, karena semua berawal dari sini

Chae's Blog

Life begins at the end of your comfort zone

Muhammad Jhovy Rahadyan

Be The Best Of Ourself

Ardisaz

Talk about Tech, Startup, Gadget, Travel, and My Daily Life

Kiki Barkiah

Ummi diary

Zaky Amirullah

Merapikan Serpihan Hikmah

Fitri Ariyanti's Blog

Mengolah Rasa, Menebar Makna

DIENG PLATEAU

PARADISE OF CENTRAL JAVA

Pusat Refill Toner

Refill Toner Di Tempat

Febri Photography

Kadang keindahan diawali oleh kegilaan

dinysullivan92

This Is My Life

Tentang Hidup

Hidup sekali, Hiduplah yang berarti..

Seorang Pemuda Pendamba Ridho Ilahi

Pecinta Dzikir dalam Alunan Fikir

SilentManifest

Don't Trust Me. I'm not a Writer

Seni Hidup

=Ketidaksempurnaan Itu Cantik=

Stev_vannie's blog

Apalah Arti Sebuah Kata

literasi . seni . lestari

untaian patahan kata bertaut menjadi narasi beresensi

direizz

Just another WordPress.com site

Komunitas Ngéjah

Desa Sukawangi - Kec Singajaya - Kab Garut

NANDA PRINTING DAN PERCETAKAN RAWAMANGUN – JAKARTA

Percetakan, Foto Copy, Penjilidan, Pengetikan, Design Grafhis, Print dan Komputer

sihaik

This WordPress.com site is the bee's knees

Azinuddinikrh's Blog

barangkali kau benar, hanya malaikat dan gemericik air lah yang dapat membawaku pergi berlalu

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Blog Ayunda Damai

Bermain, Belajar dan Bercerita

Kicau Kaki

Melangkah, memotret, menulis

serbaserbitoyota

information & news

Scientia Afifah

bacalah, dan bertumbuhlah!

Yanto Musthofa

In this very short journey home, I dare not to dream of making a difference. The world is going to have a marker that I've ever been growing in it, ... that's all I have to dream of.

nimadesriandani

Balanced life, a journey for happiness site

Rindrianie's Blog

Just being me

Martina Nofra Panai

InsyaAllah 2017

SanWa Journeys

by Sandrine Tungka

rizasaputra

tempat kuring ngacapruk

Moh Darodjat

Muhammadiyah Gerakanku

Ruli Blogger

Wordpress.com

Life Journey

Catatan Perjalanan Kehidupan

JaTiara

A Diary To Share And Review My Random Memories

CCTV, AC, GPS, PABX, Brankas, Pemadam Api, JAMBI

Safety Spesialis, Bengkel Mobil, Material Bangunan, Jambi 0741-7350248, 085216881144

Imaji Tiada Batas!

Hidup sederhana, berkarya luar biasa.

Ridwanologi

Ruang Pandang Ridwan Aji Budi Prasetyo

D L A`s Stories

Mylife, Mydeath are all for Allah SWT.

unspoken mind

if you can't tell, just write

%d bloggers like this: