Who Am I?

Panggil aku Aad. Itu panggilan kesayanganku sejak kecil. Nama itu adalah pengulangan dari nama depanku, Adlil. Karena cukup sulit melafalkan Adlil, maka Aad terasa lebih mudah diingat.

Mama biasa memanggilku Umar. Mungkin karena aku orangnya tegas. Kadang ada juga yang menyangka aku galak. Padahal baiknya bukan main. Hahahaha. Selain itu, aku kerap dipanggil “Menteri”. Tak tahu kenapa. Mungkin itu doa mama padaku.

Aku lahir di Bukittinggi, Kampuang Nan Tujuah Kamang-Magek. Tak berapa lama sejak lahir, keluargaku pindah ke Riau. Ayahku bekerja di sebuah perusahaan swasta di Duri. Jadilah aku tumbuh di tanah melayu sejak balita.

Konon kata mama sejak balita aku gendut. Hanya saja, ketika lulus SD, aku mulai mengurus. Lulus SD, aku merantau ke Solo, Jawa Tengah. Aku dimasukkan ke pesantren modern Assalaam.

Sungguh, itu merupakan pengalaman yang luar biasa. Hidup bersama orang lain dari berbagai latar belakang suku, bahasa, kultur, membuatku menjadi orang yang selalu bisa cepat beradaptasi di lingkungan dalam bentuk apapun. Aku jadi punya toleransi tinggi terhadap perbedaan.

Setelah tiga tahun di pesantren modern, aku pindah ke boarding school di BSD Tangerang. Namanya SMU Insan Cendekia. Sekolah ini digagas Presiden Habibie. Di sini, pengalaman berasrama dengan lingkungan sekolah berstandar tinggi, membuatku punya pandangan lain dalam hidup. Di SMA ini ujian mental benar-benar teruji. Jatuh-bangun, gagal-berhasil, semua aku jalani. Sedih dan senang, dibagi bersama rekan sejawat. Alhamdulillah, persaudaraan dengan teman di Insan Cendekia (IC) sangat fenomenal. Sampai sekarang, aku merasa terhormat bergabung di komunitas Insan Cendekia.

Selanjutnya, aku pilih kuliah di Sosiologi Universitas Indonesia. Sebenarnya sudah diterima di STAN jurusan Akuntansi. Namun entah kenapa, kaki ini membawa kabur impian menuju UI Depok, meski pendaftaran ulang sudah ditutup. Intuisiku mengatakan bahwa feeling aku nggak dapat di STAN. UI mungkin lebih cocok bagi karakterku yang suka mengeksplor kemampuan diri.

Benar saja. Aku begitu suka dengan mata kuliah Sosiologi. Buktinya? Dalam kehidupan sehari-hari, aku kerap pakai kacamata seorang sosiolog dalam melihat satu kejadian. Apa itu? Melihat satu kejadian tak hanya sebagai kejadian an sich, tapi juga harus dilihat faktor sosial kenapa kejadian itu terjadi. Singkatnya, mampu melihat what is something beyond.

Kemampuan melihat apa di balik sesuatu itu, membuatku selalu berpikir kritis. Terbukti dari pemikiranku yang tertuang di tulisan yang kerap dimuat di koran nasional saat kuliah dulu.

Untuk menunjang pengembangan diri, aku beranikan diri bergabung ke PPSDMS. Sebuah lembaga pengembangan diri yang menuntut mahasiswa mengeluarkan potensi terpendanya.

Prestasi berkesanku saat kuliah paling tinggi adalah menjadi Runner-up Mahasiswa Berprestasi II FISIP Universitas Indonesia 2006. Juara I nya adalah Sofwan Al-Banna, teman sekamarku di PPSDMS juga, yang kemudian menjadi Mahasiswa Berprestasi I tingkat Nasional.

Aku sempat bergabung jadi reporter di Majalah Nebula–Komunitas ESQ Ary Ginanjar Agustian– Akhirnya, komunitas ESQ itu menjadi topik di skripsiku. Penelitian yang panjang dan melelahkan itu berhasil membawaku mendapatkan nilai A. Bergabung dengan komunitas dan menganalisis kekuatan dan kelemahannya merupakan kenikmatan tersendiri bagiku.

Kini aku bekerja di RCTI sebagai Program Tv Analyst. Posisi yang cukup strategis. Di industri kreatif yang serba dinamis ini menuntutku berpikir secara cepat, bertindak cepat, namun tetap harus penuh perhitungan.

Aku begitu menyukai dunia penulisan. Dengan menulis, kita bisa berbagi dan mempengaruhi pikiran orang lain. Jika pemikiran kita brilian, orang lain akan ikut kita. Jika pemikiran kita masih belum sempurna, kita akan dikoreksi. Di sinilah letak indahnya belajar lewat menulis. Bagus atau tidaknya tulisan Anda, tetap saja Anda dapat pelajaran.

Setelah belajar menulis sekian lama, aku memutuskan telah jatuh cinta pada gaya tulisan naratif (non-fiksi). Guru menulisku diantarnya: guru bahasa Indonesia SD, SMP, SMA, teman-teman di Kelompok Studi Mahasiswa Eka Prasetya Universitas Indonesia, Yudhistira Massardi (wartawan senior/ budayawan), Andreas Harsono (Independent Journalist), Fahri Salam, dan Anugerah Perkasa (Wartawan). Gaya tulisanku sekarang, tak lepas dari akumulasi ilmu mereka di atas.

Aku menyukai olahraga sepak takraw. Olahraga yang tak terlalu digemari semua orang, namun punya makna filosofis tersendiri bagiku. Berposisi sebagai tekong, membuatku bisa mengatur dan mengontrol permainan, agar rekanku bisa melakukan smash, demi meraih kemenangan. Waktu SD, aku juara 2 sepak takraw se-kecamatan Mandau. Selain itu, aku dan teman sekelas juga juara 3 bola voli se-kecamatan yang sama.

Selain menyukai olahraga, aku juga penggemar seni suara. Sejak SD, aku gemar mengaji dengan irama. Aku berlatih di Masjid Raya Sebanga-Duri. Hasilnya, lumayan ok. Juara 3 se-Riau untuk MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) tingkat belia tahun 1996. Saat pindah ke Solo, aku iseng-iseng ikut MTQ juga mewakili sekolah. Hasilnya, Juara 1 MTQ tingkat remaja tahun 1997. Tahun berikutnya, aku Juara 2 MTQ tingkat remaja dan sempat masuk camp untuk tingkat nasional. Namun gagal karena bersaing dengan peserta dari tingkat SMA. Mereka jauh lebih profesional dibandingkan aku.

Untuk karakter, kadang aku bisa tampil nyeleneh di tengah keramaian. Kadang juga bisa tampil diam seribu bahasa. Tergantung situasi dan kondisi yang dibutuhkan saja.

Oya, bagi teman-teman yang ingin tahu apa saja jenis tulisanku, ini dia beberapa list:

– Bangkitkan Diri dari Tidur’, Koran Jawapos, November 4th 2006

– OKP sebagai Intelektual Organik’, Koran Jawapos, September 2006

– Pendidikan Berbasis Realita’, Koran Jawapos, May 6th 2006

– Menari di Atas Uang Rakyat’, Koran Jawapos, March 17th 2006

– Independensi Tak Goyah karena Sponsor’, Koran Jawapos, March 2006

– Mengalah dan (lalu) Kalah’, Koran Seputar Indonesia, February 2006

– Mimpi Middle Up Class’, Koran Jawapos, January 2006

– Pagar Baru DPR, Public Sphere dan Effective Communication’, Koran Seputar Indonesia, January 4th 2006

– Membaca Peluang Televisi Islami’, dimuat di dalam buku ‘MengGenggam Televisi: Peran Televisi dalam Membangun Masyarakat Madani, Salam Press UI, 2005

– Ketika Reformasi Masih Mati Suri, Economica Magazine Edisi Perdana, 2005

– Berkembangnya Konsep Kapitalisme dalam Kebijakan Pemerintah, Koran Kampus Economica, FE UI

– Meredam Etnonasionalisme di Tanah Rencong, Indopos, August 2005

– Soe Hoek Gie: Mahasiswa (Setengah) Dewa, Indopos, August 2005

– Reduksi Political Marketing yang Pecah, Indopos, June 2005

– Soeharto Lengser, Miskin Blue Print, Indopos, May 2005

– Soekarno dan Kepahlawanan Pemuda, Indopos, November 2004

Sekarang, aku lebih concern menulis di blog karena bisa menulis bebas. Tidak terikat pada aliran apa Anda, tidak harus ikut mengusung nilai/karakter media tertentu. Silahkan kunjungi blogku: www.umarat.wordpress.com

Baru 2 tahun ngeblog, Alhamdulillah, sudah beberapa kali menang lomba blog. Yang paling berkesan adalah menang lomba blog dengan tema “Guruku Pahlawanku” yang diadakan oleh IDBerkibar. Tulisanku Gerakan Cinta Dari Garasi mendapatkan Juara 1 (satu), mengalahkan 1.027 postingan blog lainnya. Lumayan dapat Macbook Air. Saat itu, aku nulis tentang TK Batutis yang dibina oleh Pak Yudhistira Massardi.

Ada juga lomba menulis Anti-Korupsi. Tulisanku Republik Calo (Lapis Legit)! memenangkan hati juri yang digawangi oleh Enda Nasution (Bapak Blogger Indonesia). Tulisanku mendapatkan special mention dari juri dan hadiahnya HP Android merk Sony. Lumayan juga. Tulisanku yang sebenarnya kelebihan jumlah karakternya, ternyata tetap dinyatakan menang karena dianggap sebagai representasi citizen journalist yang berani berbicara hal tabu.

Kembali ke blogku umarat.wordpress.com, di sana Anda akan dapatkan tulisan ringan, dari hal kecil, keseharian, namun ada pelajaran hidup berharga darinya. Rencanyanya, blog ini harus jadi buku. Apapun caranya. Sekarang sedang proses penawaran ke penerbit. Mohon doa bagi semua pembaca blogku agar bukunya segera dicetak. Amin.

81 responses to this post.

  1. Posted by nugrohogalih on June 21, 2011 at 10:29 AM

    mas.. ane link back ke blog ane ya ^_^
    tulisannya bagus2.. tetap menulis🙂

    Reply

  2. Posted by Putra on June 21, 2011 at 12:40 PM

    Kok saya belum melihat tulisan mengenai kapan menikah, dengan siapa dan punya anak berapa ? Tidak lengkap sepertinya biodata ini🙂

    Reply

    • Nah, yang itu, menyusul, perlahan. Tidak bisa cepat-cepat. Hanya Allah yang tahu. Kita hanya bisa berusaha. Hehehhe

      Reply

      • Posted by berlian dewirani on August 5, 2011 at 12:54 PM

        hahaha.. yg penting usahanya dah maksimal n sepenuh hati blm? :p

      • Lagi usaha.doain aja dpt yg pas di mata,nyangkut di hati.like someone said,cinta dr mata turun ke hati,lalu ke perut..:-)

      • Posted by berlian dewirani on August 5, 2011 at 1:18 PM

        wakakakakakaka.. cowo banget tuh cinta dari mata turun ke perut. asal kenyang langsung anteng.. masih inget aja.. :p

  3. aseekkk dahhh… assalamualaikum! apa kabar mas aad?

    Reply

  4. Semoga istiqomah ya Ad🙂

    Reply

    • Komplit sudah. ada orang yang punya pengalaman buruk naik transjakarta, ada juga yang puas. Mungkin “cool” juga kalo tulisanku aku berikan ke Wahyudin, dan beberapa lembar fotokopiannya, aku berikan ke rekan kerjanya, dan juga bosnya. Aku rasa akan memberikan sesuatu untuk Wahyudin, dan merangsang munculnya “Wahyudin-wahyudin” baru. Ada komen lain?

      Reply

    • thanks mas buat supportnya

      Reply

  5. Posted by Danang on June 24, 2011 at 1:39 PM

    Menulis adalah mengikat makna. Menulis adalah mengikat ilmu. Percis seperti kata Sayidina Ali: Ikatlah ilmu dengan menuliskannya. Menulis adalah meninggalkan warisan, to leave a legacy, kata Stephen Covey. Warisan yang satu ini akan terus mengalir pahalanya, karena dari 3 amal yg disebut Kanjeng Nabi tak terputus pahalanya adalah ilmu yang bermanfaat. Maka tulisnya ilmu yang bermakna, bermanfaat bagi sesama… Selamat bro!

    Reply

  6. Posted by nuril on June 26, 2011 at 12:23 PM

    sempet smu ga dulu ya perasaan dulu di I’lanaat, btw selamat ya moga hasil karya semakin inspiratif n bermanfaat Aamiin

    Reply

  7. tiap postingan di home pgaenya di display short page aja kasih read more di ujungnya. biar tulisan sebelumnya juga keliatan. biar enak aja sih hehe..😀

    Reply

  8. Tambah mantab aja nih Bro.
    congrats… aku belom telaten ngedit seperti ini. Baru bisa ngomong doang.
    palagi laptop masih jebol gara2 nyolok di anggrek kemarin pagi😀

    Reply

  9. Ad, pertama kali ketemu dirimu, pas suamiku (dulu masih jadi pacarku) masuk RS MPH. Inget banget gw, elo komat kamit berdoa dengan bahasa Arab, pas kita disuruh pulang sama Satpam? Wkwkwk… Masih sama Renggo and Mas Putra…

    Reply

  10. bang adlil, aku ulil mahasiswa al azhar. kebetulan aku ada tugas mencari ide inspiratif dari dosen. terus aku buka2 blog kakak. terus aku copy paste. aku minta izin minta 3 cerita abang yah.

    Reply

  11. Posted by ibnmaknun on October 3, 2011 at 10:05 PM

    mampir2 di blogku juga bang😉

    Reply

  12. Assalamua’laykum kak, iseng buka link blognya yg di grup KSM Eka prasetya UI, ehh, ternyata isinya keren2, tulisannya banyaak bgt kak..
    salam kenal yaa..😀

    Reply

  13. Salam kenal calon kakak ipar-nya Icut. Tulisan kk bagus cara penyampaiannya. Kepp writing😀

    -temennya Icut, alumni Assalaam & IC

    Reply

  14. Salam kenal calon kakak ipar-nya Icut. Tulisan kk bagus cara penyampaiannya. Keep writing😀

    -temennya Icut, alumni Assalaam & IC

    Reply

  15. aslm kak adlil, salam kenal… saya yosay, IC 2007. ga nyangka pas baca blog ini, ternyata kakak adalah suaminya mbak andien, maltavista IC 04.. hehhe… blognya ringan dan berbobot.. semoga sukses terus ya kak..🙂 silahkan lho mampir2 ke blog saya.. heheh

    Reply

    • Wah, kenalan saya makin banyak nih. Sik asik. pantengin terus ya blog saya. dapatkan kisah non-fiksi yg ditulis ringan, namun dijamin penuh makna. Semoga ada manfaatnya buat para pembaca. Hanya sekadar sharing, bukan bermaksud menggurui. Sila disebar2in ke rekan-rekanmu.

      Reply

  16. salam kenal yaa
    http://www.izzawa.wordpress.com
    baru bljar nge blog nih..

    Reply

  17. salam kenal,
    suka sekali dengan tulisan2nya🙂

    Reply

    • Mampir terus ya. Ada hadiah menarik bagi pemberi komentar di tiap postingan tulisan panjang. Silakan disebarkan link nya ke rekan sejawatmu.🙂

      Reply

  18. Pantasan, walau tulisannya sepanjang apapun tetap enak dibaca. ternyata memang seorang penulis berpengalaman, ijin menyimak blognya ya uda aad.. hee

    Reply

  19. Posted by nia on May 22, 2012 at 2:55 PM

    Assalamualaikuum Salam Kenal,,
    Aq mampir ke blog mu ga sengaja bang. Ceritanya waktu itu aq lagi browsing ttg Pak Mario Teguh krn ada topic yang ga aq saksikan. Setelah ketik keyword Mario Teguh ternyata eh ternyata yang keluar “Tips memilih jodoh ala MTGW”. Wuuiih bikin penasaran niihh,,ga rugi mampir kesini ternyata tulisannya bagus bang, ga bosen bacanya, ceritanya runtun terstruktur banget n dapet banget “nyawa”nya. Pengen banget bisa menulis kya bang aad. Sekali posting tulisan apa dikau langsung publish atau melewati bebrapa kali editan bang?? Pkoknya sukses terus bang,,semoga bisa cepet terbit jadi buku,,Keep Writing bang!!!

    Salam Kenal juga buat mba Andien,,:)

    Reply

    • Salam kenal juga. Biasanya kalau menulis, aku tulis secara kasar dulu, fakta dan data harus diverifikasi lagi agar memenuhi kaidah benar, lalu diracik ulang menjadi sebuah alur cerita yang bisa dislurup oleh pembaca. Selamat menyeruput tulisan-tulisanku. Semoga ada manfaatnya. Nantikan episode Menjemput Jodoh part 8 dan 9 sebagai pamuncak dari series Menjemput Jodoh. Masih banyak lagi tulisan-tulisan lain yang tak kalah menghibur dan bermanfaat. Dont miss it. Please tell your friend to come by…

      Reply

  20. Dear umarat.wordpress.com

    Selamat siang,

    Kami dari Humas Merdeka.com bermaksud menawarkan content yang sesuai dengan tipikal blog Anda yang bisa digunakan secara gratis. Content ini sangat mudah aplikasinya dan sangat membantu Anda dalam Reblogging.
    Jika Anda berminat, silahkan kunjungi http://content.merdeka.com/ dan dapatkan contentnya.

    Terima kasih atensinya, kami menunggu kabar baik dari Anda.

    Salam,

    Humas Merdeka.com
    Selvie Chummairoch

    Reply

  21. Posted by kangridwan on September 3, 2012 at 10:38 AM

    Salam kenal mas! Ane PPSDMS reg Jogja angkatan 5. Kemarin ketemu ente pas di acara NLC (PKN) yg ente promisi web alumni & twiter pukul5pagi itu.

    Assalamualaikum…

    Tulisan ente keren2 mas!

    Reply

    • Salam kenal juga. Mampir terus ya di blogku. Semoga bisa share hal2 yg bermanfaat. Kalau boleh, bantu promo ke kolegamu juga. Hehehe.🙂 Thank you.

      Reply

  22. Salam kenal ya,, tulisannya bermanfaat..🙂

    Reply

  23. salam kenal yaa semua nyaaa… ternyata kalo lagi galau mikirin tugas dll baca2 yang ada di blog ini jadi lupa kalo lagi galau…hehehehe

    Reply

    • Wah. Serius nih? Alhamdulillah. Senang jika bisa memberi manfaat. Baca sampai habis semua cerita di blog ini ya. Jgn lupa ajak teman untuk usir galau dgn baca blog ini. Hehehe.🙂

      Reply

  24. Posted by Dzulfikar on November 27, 2012 at 2:49 PM

    Kisah hidup orang sukses ternyata diceritakan disini.
    Tulisannya keren dan menginspirasi. Salam kenal
    http://dzulfikaralala.wordpress.com

    Reply

  25. Blog ini…. menjadi sumber inspirasi, apalagi kalau pikiran lagi sumpek… thank’s kak Aad…. semenjak ketemu blog ini, rasanya ada semangat hidup tersendiri… jazaakumullahu khaira….

    Reply

  26. Posted by vicka dwi on May 19, 2013 at 3:08 PM

    oke jg si abang ini, bgi email bole ya buat diskusi

    Reply

  27. Posted by lutfi on June 9, 2013 at 9:44 AM

    Assalamu’alaikum wrwb, mas boleh saya minta no hp atau telp yg bisa sy hubungi, sy tdk terbiasa dgn komunikasi lwt internet, jazakallah khoiron

    Reply

  28. Asslamu’alaikum…
    Waahh rekan saya di WBT10 ini ternyata punya seabrek prestasi, jangan berhenti menulis dan berkarya. Segera ACTION untuk buku pertamanya yahh…

    Reply

    • Thanks mas Irfan. Grup WBT10 bisa jadi pelecut agar melompat lebih tinggi, memaksimalkan potensi diri yang ada, dan berkolaborasi secara apik.

      Reply

  29. Posted by mysukmana on July 19, 2013 at 5:03 PM

    mantap..anak kampus yang kreatif, salam kenal mas🙂

    Reply

  30. Posted by mysukmana on July 20, 2013 at 12:18 PM

    siap mas baca juga tulisanku heheh (biar imbang)😀

    Reply

  31. Posted by Afriadi on November 26, 2013 at 11:22 AM

    Assalamualaikum,

    Pertama penasaran. Kemudian yang abang buka pertama sekali adalah foto profil, trus yang teringat langsung saat melihat foto profil itu adalah adalah Ilham..”hehe ini Ilham”, di dalam hati.

    Setelah dibaca lebih lebih lanjut..hehe ternyata Aad, adiknya Ilham..
    Aad yang semasa kecil dulu lebih gesit gerakkan jika dibandingkan sang kakak.
    Aad yang semasa kecil dulu bersama keluarganya pernah tinggal di seberang Masjid Raya kompleks Singgalang II PT. CPI Duri.

    Salam jumpa dan salam mengenal kembali buat Aad,

    BangAp. Sebanga Duri.

    Reply

  32. AssaLamu’aLaikum Mas AdLiL🙂
    Salam kenaL dari aku (Sindy Anneo)
    Pertama kali aku tau bLog ini saat aku Lagi googLing “seserahan lamaran” (iseng ajaaaa…..kaLi2 aja bisa direaLisasikan tahun ini….aamiin), di pic aku tertarik dengan mbak2 pakai kebaya hijau tosca (bener gak ya hehehe pokok hijau dan cantik Lah) aku buka dan datangLah aku di blog seorang “AdLiL Umarat”. Blog yang menghipnotis aku sehingga rela mantengin ini bLog untuk baca setiap celotehan meLaLui goresan jemari di bLog ini. Semua itu karena setiap tuLisan Mas AdLiL yg sangat menginspirasi seperti waktu umroh dan menjemput jodoh serta ketikan jemari yang lainnya……(emmm emmm sweet bgt cerita sama Mbak Andinnya). AwaL muLanya aku nggak punya blog yg masih aktif, akhirnya aku search di fb, tp blm di acc ni permintaan temanku sama mas adLiL (*mohon di konfirm yaa Mas…..).
    Ya udah, akhirnya di jam kerja yg Lagi free dari kerjaan bikinLah aku blog, meski gaptek bangetttttt….karena sudah beberapa tahun nggak bertamu di yang namanya “bLog”😀 Yang biasanya nuLis di notebook aja, skrg jadi pengen ngebLog lagi kyak jaman SMA karena hipnotis ketikan jemari Mas Aad. Tapi nih ya Mas yang pengen aku tanyain ke Mas, gimana caranya bisa nulis yang bahasanya runtut ‘n nggak norak?? Kadang nih ya aku kaLo lagi nuLis tentang sesuatu yang membuat aku tertarik tu bahasanya ababil (*menurutku sih,,,gak tau juga kaLo yg lain beranggapan pake “BANGETTTTT” hahahahaaa……) Bagi sedikit iLmunya ya Mas biar BLog aku yang baru isinya nggak ababiL, maLu sama umur euy….Wassalam…

    SaLam Ukhuwah^^

    ANNEO🙂

    Reply

    • Terima kasih atas kepercayaannya pada tulisan dan blog saya. Saya sangat senang sekali.

      Rasanya bahagia jika tulisan saya ada manfaatnya untuk orang banyak. Rencananya, saya mau bikin pelatihan serius tentang menulis (biar gampang). Nanti ada prakteknya (proses kreatif dari cara dapetin ide, nyusun draft, mulai nulis, nyari judul kece, cari kalimat penutup, dll). Jadi pelatihannya tidak hanya teori spt kebanyakan pelatihan nulis. Doakan 2014 ini bisa kejadian. Targetnya, bisa keliling Indonesia, ngajarin ilmu yang saya punya biar budaya menulis bisa dimiliki orang banyak. Semakin banyak penulis, semakin pintar bangsa ini. Karena penulis itu dituntut harus berpikir kritis, tidak gampang percaya, selalu update, selalu teliti. Semua profesi menurut saya harus nulis. Mohon doanya.

      Reply

  33. Salam kenal bang A’ad,,,

    Reply

  34. Salam kenal, senag bisa berkenalan dengan orang-orang hebat..

    Reply

  35. Posted by Basuki on August 23, 2015 at 9:59 PM

    Mas klo numpang tanya
    Klo dari bandara soeta ke tanah abang blok A, naik bisa Damri apa?

    Reply

    • Naik Damri yang ke Blok M. Dari sana bisa naik gojek atau bajaj atau taksi. Udah dekat kok. Ada juga metromini yang lewat sana. Silakan pilih.

      Reply

  36. Tulisan menarik dengan sederet prestasi. Luar biasa. Salam kenal mas izin kan saya menikmati setiap tulisan mas 😁

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

childhoodoptimizer

"Optimalkan masa kecil anak, agar hidupnya selamat, kelak!"

One's Blog

Ucapan berhamburan - Tulisan akan bertahan

Azizah SL

Membumikan Kata, Melangitkan Cerita

Ollie dan Dunianya

"I read, I travel, and I become"

penjelajahmimpi

Terus menjelajahi mimpi, karena semua berawal dari sini

Chae's Blog

Life begins at the end of your comfort zone

Muhammad Jhovy Rahadyan

Be The Best Of Ourself

Ardisaz

Talk about Tech, Startup, Gadget, Travel, and My Daily Life

Kiki Barkiah

Ummi diary

Zaky Amirullah

Merapikan Serpihan Hikmah

Fitri Ariyanti's Blog

Mengolah Rasa, Menebar Makna

DIENG PLATEAU

PARADISE OF CENTRAL JAVA

Pusat Refill Toner

Refill Toner Di Tempat

Febri Photography

Kadang keindahan diawali oleh kegilaan

dinysullivan92

This Is My Life

Tentang Hidup

Hidup sekali, Hiduplah yang berarti..

Seorang Pemuda Pendamba Ridho Ilahi

Pecinta Dzikir dalam Alunan Fikir

SilentManifest

Don't Trust Me. I'm not a Writer

Seni Hidup

=Ketidaksempurnaan Itu Cantik=

Stev_vannie's blog

Apalah Arti Sebuah Kata

literasi . seni . lestari

untaian patahan kata bertaut menjadi narasi beresensi

direizz

Just another WordPress.com site

Komunitas Ngéjah

Desa Sukawangi - Kec Singajaya - Kab Garut

NANDA PRINTING DAN PERCETAKAN RAWAMANGUN – JAKARTA

Percetakan, Foto Copy, Penjilidan, Pengetikan, Design Grafhis, Print dan Komputer

sihaik

This WordPress.com site is the bee's knees

Azinuddinikrh's Blog

barangkali kau benar, hanya malaikat dan gemericik air lah yang dapat membawaku pergi berlalu

rumah matahari

"sebab tiap kata adalah rumah doa, maka semoga hanya ruh kebaikan yang menjadi penghuninya."

Blog Ayunda Damai

Bermain, Belajar dan Bercerita

Kicau Kaki

Melangkah, memotret, menulis

serbaserbitoyota

information & news

Scientia Afifah

bacalah, dan bertumbuhlah!

Yanto Musthofa

In this very short journey home, I dare not to dream of making a difference. The world is going to have a marker that I've ever been growing in it, ... that's all I have to dream of.

nimadesriandani

Balanced life, a journey for happiness site

Rindrianie's Blog

Just being me

Martina Nofra Panai

InsyaAllah 2017

SanWa Journeys

by Sandrine Tungka

rizasaputra

tempat kuring ngacapruk

Moh Darodjat

Muhammadiyah Gerakanku

Ruli Blogger

Wordpress.com

Life Journey

Catatan Perjalanan Kehidupan

JaTiara

A Diary To Share And Review My Random Memories

CCTV, AC, GPS, PABX, Brankas, Pemadam Api, JAMBI

Safety Spesialis, Bengkel Mobil, Material Bangunan, Jambi 0741-7350248, 085216881144

Imaji Tiada Batas!

Hidup sederhana, berkarya luar biasa.

Ridwanologi

Ruang Pandang Ridwan Aji Budi Prasetyo

D L A`s Stories

Mylife, Mydeath are all for Allah SWT.

unspoken mind

if you can't tell, just write

%d bloggers like this: